Home » » Kota Medan Juara Umum Taekwondo Piala Gubernur Sumut

Kota Medan Juara Umum Taekwondo Piala Gubernur Sumut

Written By Faktaonlline.net on Wednesday, November 21, 2018 | Wednesday, November 21, 2018


Medan I Faktaonline.net - Kontingen Kota Medan berhasil menjadi Juara Umum dalam Kejuaraan Taekwondo Indonesia (TI) Sumatera Utara (Sumut) 2018 yang memperebutkan Piala Gubernur Sumut.
Medan memperoleh 10 emas, 7 perak, dan 3 perunggu.

Piala Gubernur diserahkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara Baharuddin Siagian yang mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Gelanggang Olahraga (GOR) Komplek Cemara Asri, Medan, Selasa (20/11).
Untuk Juara Umum ke-2 diraih oleh Kabupaten Karo dengan perolehan 7 emas, 3 perak, dan 11 perunggu. Kemudian di peringkat ke-3 diraih oleh Kabupaten Dairi, dengan perolehan 4 emas, 3 perak, dan 11 perunggu.

Kejuaraan yang digelar sejak 18 November ini diikuti oleh para atlet taekwondo yang berada di bawah kepengurusan Pengurus Cabang (Pengcab) TI.

Pada kesempatan tersebut, Baharuddin mengatakan Pemerintah Provinsi (Pempov) Sumut, mengharapkan finalis atau atlet berprestasi bisa terus berlatih. Hal tersebut dilakukan untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua. “Nanti di pertengahan 2019, Pemprov bersama KONI Sumut akan melaksanakan Pekan Olahraga Daerah Sumartera Utara, ini akan menjadi akhir seleksi untuk PON 2020,” katanya.

Selain itu, Baharuddin juga mengatakan para juara agar selalu mempertahankan prestasinya. Untuk itu, diharapkan bagi para atlet untuk selalu menjaga fisik dan staminanya. “Sebagaimana teknik bermain, kalau tidak dibarengi kekuatan fisik itu sama saja tidak ada artinya,” ujarnya. 

Pemerintah Provinsi, kata Baharuddin, mengapresiasi kejuaraan daerah yang dilaksanakan Pengurus Provinsi TI Sumut tersebut. Menurutnya, turnamen tersebut merupakan contoh yang baik bagi pengurus cabang lain. “Ini adalah contoh baik tanpa menunggu dari pemerintah, artinya Kejurda seperti ini adalah salah satu momentum untuk menunjukan hasil latihan masing-masing padepokan kabupaten/kota di Sumatera Utara,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara Jhon Ismadi Lubis mengatakan semua finalis senior Kejurda tersebut akan mengikuti pelatihan daerah dalam rangka persiapan pra kualifikasi PON 2020. “Ada lagi seleksi akhirnya di pekan olahraga provinsi, di sini diambil yang terbaik yang mengikuti prakualisifkasi PON secara nasional,” ujarnya. Untuk finalis junior Kejurda, katanya, akan mulai dibina untuk persiapan PON 2024. “Karena kalau mau PON dimulai tidak bisa lagi, para junior ini akan ditampung di Pelatda dengan menggunakan sistem degradasi sampai tahun 2023,” tutur Jhon. 

Dikatakan juga, kepada para atlet agar pada PON 2020 meraih emas. “Saya yakin dengan semangat kebersamaan kita raih prestasi terbaik di PON 2020 dan 2024, banggakan Sumatera Utara, banggakan nama ketua umum Pengprov TI Sumut,” ujarnya. Tahun lalu, Kota Medan juga meraih juara umum pada kejuaraan daerah taekwondo Piala Gubernur. Dengan perolehan 6 emas, 4 perak, dan 4 perunggu. Juara umum mendapatkan hadiah uang pembinaan.(fo/r)

Post a Comment