Home » » KPU Sumut : Kotak Suara Pemilu 2019 Sudah Menjangkau 15 kabupaten/kota

KPU Sumut : Kotak Suara Pemilu 2019 Sudah Menjangkau 15 kabupaten/kota

Written By Faktaonlline.net on Wednesday, November 7, 2018 | Wednesday, November 07, 2018


Medan I Faktaonline.net - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Sumatera Utara memastikan proses pendistribusian kotak suara Pemilu 2019 sudah menjangkau 15 kabupaten/kota di Provinsi Sumut dan optimistis akan tuntas paling lambat 19 November 2018 nanti.

Komisoner KPU Sumut, Batara Manurung mengatakan, saat ini proses distribusi logistik Pemilu 2019 masih berlangsung. Adapun logistik yang sedang didistribusikan ke Sumut adalah kotak suara. "Saat ini distribusi kotak suara sudah menyentuh 15 daerah di Sumut," ungkapnya, Senin (5/11).

Dia menjelaskan, pengadaan komponen-komponen utama logistik Pemilu 2019 diadakan langsung oleh KPU RI meliputi bilik suara, kertas suara dan kotak suara. Sedangkan kegiatan penyediaan dan pendistribusian dilaksanakan pihak ketiga. Jumlah kotak suara yang didistribusikan sesuai dengan kebutuhan yang diajukan KPU kabupaten/kota.

Pada tahap pertama, distribusi kotak suara Sumut dilakukan ke daerah-daerah di kepulauan Nias, Sibolga dan Tapanuli Tengah. Distribusi tahap pertama ke daerah-daerah tersebut ditenggat pada 22 Oktober dan telah tiba tepat pada waktunya. Kemudian pengiriman pun berlanjut ke daerah-daerah lainnya. Adapun daerah-daerah yang sudah menjadi sasaran di Sumut adalah Tapanuli Tengah (4.685), Nias Utara (1.991), Sibolga (1.309), Nias (2.357), Gunung Sitoli (2.145), Nias Selatan (4.420) dan Nias Barat (1.472). Kemudian Padang Lawas (3.500), Langkat (14.375), Serdangbedagai (11.108), Deliserdang (7.525), Pakpak Bharat (884) dan Padangsidimpuan (3.705). "Sedangkan satu daerah lagi, yakni Humbang Hasundutan belum masuk gudang sehingga belum dihitung jumlah kotak suara yang masuk," sambung Batara.

Adapun kotak suara untuk 18 kabupaten/kota lainnya di Sumut sedang dalam perjalanan dan seluruhnya akan tiba paling lambat pada 19 November 2018. Sementara itu, kotak-kotak suara yang sudah sampai, kata dia, hampir semua dalam kondisi baik, hanya ada 9 kotak yang dinyatakan rusak. Jumlah kotak yang sudah sampai pun masih dapat ditambah atau dikurangi bila ada daerah mengalami kekurangan atau berlebih, begitu juga kotak yang rusak, akan diganti.

Dia mengatakan, KPU Sumut tidak menerima laporan adanya hambatan yang terjadi dalam proses pengiriman kotak suara yang sudah sampai di 15 daerah. KPU Sumut pun menurut dia meyakini proses distribusi logistik Pemilu 2019 di provinsinya tidak akan menghadapi kendala berarti karena memiliki pemetaan yang baik. "Distribusi mengutamakan lebih dulu sampai ke daerah-daerah terpencil. Apalagi KPU kabupaten/kota sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan di daerahnya masing-masing untuk melakukan pengamanan terhadap logistik yang sudah sampai," sambung Barata.

Di sisi lain, KPU Sumut juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap seluruh gudang yang digunakan KPU kabupaten/kota menyimpan logistik Pemilu 2019. Dari hasil pemeriksaan tersebut, dia memastikan gudang-gudang logistik dalam kondisi yang baik. Karena itu KPU Sumut optimistis distribusi kotak suara tidak akan menghadapi persoalan berarti dan akan selesai sesuai dengan jadwal. "Untuk logistik lain, yakni bilik suara dan surat suara masih diproses di KPU RI, kami belum menerima update informasinya. Namun kami yakin itu menunggu keputusan DPT terakhir," tambah Batara. (red)

Post a Comment