Home » » Pemprovsu Harapkan Prestasi Atlet Sumut Terus Meningkat

Pemprovsu Harapkan Prestasi Atlet Sumut Terus Meningkat

Written By Faktaonlline.net on Friday, November 16, 2018 | Friday, November 16, 2018


Medan I Faktaonline.net - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) berharap prestasi olah raga atlet Sumut terus meningkat. Juga semakin banyak atlet Sumut yang mengukir prestasi yang membanggakan di tingkat nasional dan internasional.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah ketika membuka Pelatihan Pelatih dan Instruktur Olah Raga se Sumut tahun 2018, Jumat (16/11) di Aula Raja Inal Siregar, kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan. “Kita berharap prestasi atlet Sumut terus meningkat, baik di tingkat nasional maupun internasional. Apalagi, tahun 2024 kita dan Aceh menjadi tuan rumah PON,” ujar Wagub.

Wagub Musa Rajekshah mengharapkan, melalui pelatihan pelatih dan instruktur olah raga yang diikuti perwakilan dari beberapa kabupaten/kota tersebut, dapat mendorong semangat para pelatih dan atlet untuk terus mengukir prestasi yang membanggakan. “Melalui prestasi olah raga yang membanggakan itu, kita mampu mewujudkan Sumut yang bermartabat,” ujarya.

Terkait persiapan PON 2024, Wagub mengatakan, Pemprov Sumut saat ini telah melakukan berbagai persiapan. Diantaranya dengan melakukan pelatihan secara rutin dan seleksi yang ketat. “Persiapan atlet sudah kita lakukan saat ini. Karena hal itu tidak bisa dilakukan dalam setahun atau dua tahun. Dilakukan secara berjenjang dan ada prosesnya,” kata Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck. 

Begitu juga dengan venue dan fasilitas pendukung PON 2024, Pemprov Sumut sudah melakukan berbagai persiapan. Terutama lahan dan anggaran untuk membangun venue dan fasilitas pendukung. “Kita terus melakukan berbagai persiapan, termasuk lahan dan anggaran untuk venue. Karena kita ingin PON 2024 nantinya adalah PON yang terbaik di seluruh Indonesia,” ujar Ijeck.

Sebelumnya, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan, pelatihan para petalih dan instruktur olah raga tersebut diikuti oleh para guru olah raga atau pendidikan jasmani (Penjas) dari SD, SMP dan SMA. Ini merupakan pelatihan yang ketiga, dan akan digelar selama tiga hari, yakni mulai 16-18 November 2018. “Ini merupakan bagian dari program nasional pelatihan 100.000 pelatih olah raga. Dari jumlah itu Sumut mendapat jatah 1.500 pelatih. Yang digelar secara bertahap di tiga daerah, yaitu Medan, Pematangsiantar dan Labuhanbatu,” ujarnya.

Pelatihan ini, kata Jhon, diharapkan dapat meningkatkan semangat para pelatih dan instruktur untuk mebangkitka kembali semangat olah raga para atlet untuk meraih prestasi terbaik. Karena, para pelatih adalah ujung tombak pembinaan atlet olah raga di daerah ini.
Turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut Baharuddin Siagian, para nara sumber dari Kemenpora dan Unimed, serta ratusan peserta dari berbagai daerah di Sumut.(fo/r)

Post a Comment