Home » » Satpol PP dan Trantib Dinilai Tidak Mampu Tertibkan PKL Jalan Pancing

Satpol PP dan Trantib Dinilai Tidak Mampu Tertibkan PKL Jalan Pancing

Written By Faktaonlline.net on Wednesday, November 28, 2018 | Wednesday, November 28, 2018


Percut Seituan I Faktaonline.net - Masyarakat sekitaran Jalan Pancing yang menjadi batas Kota Medan Kelurahan Medan Tembung dengan Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang merasa resah dan menuding Satpol PP Kota Medan terutama Kabupaten Deli Serdang dinilai tidak mampu menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL). Walaupun Satpol PP dan Muspika Percut Sei Tuan beberapa waktu yang lalu sempat melakukan penertiban namun itu tidak membuat jera para PKL untuk menjajakan dagangannya dibeberapa titik mulai dari simpang Sekolah LPP depan arena balap sepeda motor disepanjang jalan Pancing, sehingga kesan kumuh pun terlihat dipinggiran jalan tersebut.

Demikian dikatakan Dedy Irawan, seorang tokoh masyarakat Deli Serdang, di Jalan Pancing, simpang Unimed, Medan Estate kepada wartawan, Senin (26/11).
Menurut Dedy, Pemkab Deli Serdang melalui Satpol PP dan Muspika Percut Sei Tuan jangan sampai melakukan pembiaran. Akibatnya nanti para PKL akan merajalela dan kembali menyulap pinggiran Jalan Pancing dan jalan Wiliam Iskandar sekitarnya menjadi areal PKL kembali menjajakan dagangannya seperti dahulu, sehingga keindahan kota Metro Politan yang sempat disandang dahulu bisa menjadi buram dan tidak bermakna lagi. “Seharusnya Muspika Percut Sei Tuan bersama Pemkab Deli Serdang harus lebih berani dan ulet lagi menertipkan para PKL, jangan sampai masyarakat menilai pemerintah takut dengan PKL dan tebang pilih (pilih kasih) serta melakukan pembiaran. Kita takut kesan kota kumuh seperti dahulu akan terjadi kembali”, ujar Dedy.

Lebih lanjut dikatakannya, bukan kesan kumuh saja yang terjadi tapi para pengendera kenderaan bermotor dan pejalan kaki juga dirugikan oleh kegiatan perdagangan liar para PKL itu. Pada hal lapak PKL itu sudah melanggar peraturan Perda Deli Serdang nomor 7 tahun 2015 tentang Trantibum, karena berada diwilayah Meridian jalan. Kita minta Camat Percut Sei Tuan Timur Tumanggor S.Sos dan Kasi Trantib kecamatan J Putra Dalimunthe bersama Muspika sebagai pemerintah setempat agar serius memperhatikan hal ini jangan sampai menjadi preseden buruk dikemudian hari yang akan membuat wilayah ini tidak nyaman lagi penuh dengan pedagang liar dengan sampah yang bererakan. Kepada seluruh elemen masyarakat terutama organesasi kemasyarakatan kita juga menghimbau agar bahu membahu bersama warga membantu pemerintah terutama dalam program penertiban dan kebersihan lingkungan termasuk melarang para PKL untuk kembali menduduki lapaknya dipinggiran jalan yang mengganggu ketertiban dan kenyamanan. (Firdaus Tanjung)

Post a Comment