Home » » Tim Komisi Akreditasi Kemenkes Lakukan Survey di Puskesmas Tanjung Rejo Deliserdang

Tim Komisi Akreditasi Kemenkes Lakukan Survey di Puskesmas Tanjung Rejo Deliserdang

Written By Faktaonlline.net on Friday, November 23, 2018 | Friday, November 23, 2018


Percut Sei Tuan I Faktaonline.net - Tim komisi akreditasi Kemenkes RI yang terdiri dari dr.Dasmiwarita.MKes sebagai ketua beserta drg.Vivi Yanti DPH M Heal Sc dan dr.Artati Suryani MPH melakukan suvei ke Puskesmas Tanjung Rejo di Jalan Lembaga, Dusun II, Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kamis (22/11). Namun yang dikesalkan masyarakat , saat survey berlangsung aliran listrik padam.

Ketua Tim komisi agreditasi Kemenkes RI dr Dasmiwarita Mkes mengungkapkan dalam penilaian ini ada tiga program yang dinilai, yakni penilaian menejemen puskesmas, kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat.
Dr.Dasmiwarita didampingi drg Vivi Yanti dan dr Artati Suryani lebih lanjut menjelaskan selain tiga program tadi, tim juga menilai dokumentasi, wawancara dengan seluruh staf dan pasien, dengan lintas sektoral juga ada upaya upaya kesehatan masyarakat. Menurutnya Survei akreditasi ini mencakup seluruh Indonesia, untuk Deli Serdang ada 22 puskesmas dan puskesmas Tanjung Rejo ini yang terakhir. “Kitakan baru mulai hari ini melakukan penilaian, seperti apa sebenarnya Puskesmas ini kami juga belum bisa memberikan tanggapan sampai tiga hari kedepan”, sebut Dasmiwarita.

Kami harapkan, lanjutnya, puskesmas Tanjung Rejo ini sudah bisa melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kemenkes RI. Kita juga berharap mudah mudahan puskesmas ini terakreditasi. “Kamipun kesini hanya menilai saja, kita potret lalu hasilnya kita kirim ke komisi, nanti komisi yang menentukan. Karena kami bukan sebagai tim yang menentukan penilaian akreditasinya A B atau C terhadap Puskesmas ini”, ungkapnya.

Pada kesempatan itu KaUPT Puskesmas Tanjung Rejo dr.H.Budi Afrian Mkes mengucapkan terimakasih kepada tim Survei Kemenkes RI yang datang untuk melakukan penilaian ke puskesmas tersebut, dr Budi juga tidak lupa mengucapkan terimakasihnya kepada Muspika Percut Sei Tuan terutama Camat Timur Tumanngor.
Menurut dr Budi, penilaian dan pembinaan yang dilakukan tim survaier ke Puskesmas Tanjung Rejo ini tujuannya selain menilai kinerja dan mutu puskesmas seperti administrasi menejemen, kesehatan perorangan dan kesehatan masyarakat juga dalam rangka peningkatan mutu kualitas dan kwantitas. “Ini sangat baik dilakukan penilaian, sehingga mana administrasi yang kurang baik bisa diperbaiki dan dibimbing, namanya pembinaan ya itu dibina supaya lebih baik untuk puskesmas dan bisa lebih maju lagi”,kata dr.H.Budi Afrian Mkes.
Dalam hal ini, kata Budi, kedatangan tim survaier ini menandakan kita sudah siap untuk dinilai. Kita berharap bisa mendapat nilai yang terbaik karena ini juga bisa menjadi motivasi kepada pegawai kita agar bisa menambah pengetahuannya.

KaUPT Puskesmas Pagar Merbau dr Anton menambahkan, penilaian akreditasi ini bagus untuk merubah pelayanan kita kepada masyarakat baik fakta dan mutunya sudah ditentukan dalam penilaian ini. Menurut dr Anton, Penilaian akreditasi ini mencakup pelayanan, kinerja dan administrasi, selama ini pelayanannya udah standard apa belum, dengan akreditasi ini ya lebih diperbaiki lagi sesuai kinerja kita kepada masyarakatnya. “Makanya setiap pekerjaan harus ada penilaian kepuasan pelanggan, jadi disuvei masyarakatnya apa kekurangan kita, kalau itu gak ada peningkatan ya sama aja”,sebutnya. Lebih lanjut dr Anton menghimbau kepada Puskesmas Tanjung Rejo agar melaksanakan apa saja yang sudah diberikan tim surveier, “hasil temuan dan kekurangan diperbaiki agar Puskesmas Tanjung Rejo kedepan bisa lebih maju” ujar Anton.

Hadir dalam acara survei akreditasi Kemenkes RI ke Puskesmas Tanjung Rejo yang menaungi 9 desa dan yang mempunyai 6 Pustu tersebut, Kadiskes Deliserdang dr Ade Budi Krista diwakili Kabid Yankes  dr Hartati Mkes, Camat Percut Sei Tuan H.Timur Tumanggor S.Sos, Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Faidil Zikri. Juga hadir yang mewakili Danramil 13 PST, KaUPT Puskesmas Tanjung Rejo dr.H.Budi Afrian Mkes, KaUPT Puskesmas Pagar Merbau dr.Anton Mkes , KaUPT Puskesmas Kenangan dr.Leni, KaUPT KB Kes Percut Sei Tuan, Kepala Desa Tanjung Rejo Selamet, seluruh Kapustu dan staf beserta pegawai se Puskesmas Tanjung Rejo.  (Firdaus Tanjung).

Post a Comment