Home » » BKKBN Provsu Lakukan Pembinaan Kepada BKL Kenari III Laut Dendang

BKKBN Provsu Lakukan Pembinaan Kepada BKL Kenari III Laut Dendang

Written By Faktaonlline.net on Monday, December 3, 2018 | Monday, December 03, 2018


Percut Sei Tuan I Faktaonline.net - Pasca peresmian gedung Center Of Exellencee (COE) Bina Keluarga Lansia (BKL) Kenari III Desa Laut Dendang kec Percut Seituan Kab Deliserdang oleh Kepala Perwakilan BKKBN ProvSu Drs Temazaro Zega MKes yang diwakili Dra Lucy Destriyati Kabid KS PK Oktober 2018 yang lalu. Dibawah perlindungan Camat Percut Sei Tuan Timur Tumanggor S.Sos, Penasehat Kades Laut Dendang Suwardi dan RW Ponidi SAg, Pembina Kord PLKB Suriati, Penyuluh KB Sriwahyuni, dengan Ketua 1 Markilah dan Ketua 2 Sadarna, Sekretaris Retno Imaya Sani dan Sri Murniati, Bendahara Sumarti dan Sumiah. Kasubbid BKKB dan KKL Perwakilan BKKBN Provsu Rugun Ulina Br Simarmata S.Sos, Motivator Drs.Fahmi Lubis dan Staf Rosnidawati memberikan pembinaan kepada kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) Kenari III Laut Dendang, di gedung posko BKL, Gang H.Abd Rajab/ Buyung, Dusun III Kenari, Desa Laut Dendang, Kec Percut Sei Tuan, Jum’at (30/11).


Rugun Ulina Br Simarmata mengatakan, dengan semakin tingginya angka lansia dan bagaimana untuk memberdayakan lansia tersebut makanya dibuat dulu Of Exellencee. Mininal percontohan di Desa Laut Dendang ini, seperti apa saja yang dilakukan pemerintah desa dengan memberdayakan kelompok lansia yang sudah rentan.

Menurut Rugun Ulina, dengan program Perawatan Jangka Panjang (PJP) bagi Lansia yaitu melalui kifer kifer keluarga, disinilah nanti 4 petugas yang sudah dilatih menangani tata cara merawat lansia yang rentan tadi bisa diberdayakan dan bisa bagus perawatannya. “Merekalah nanti yang kita harapkan jadi duta kita untuk memberikan penyuluhan kepada keluarga yang mempunyai lansia rentan. Itulah salah satunya program dari COE, untuk memberdayakan lansia dan memberikan penyuluhan ilmu ketrampilan kepada keluarga yang mempunyai lansia dan kepada lansia itu sendiri”, katanya.

Target kita dikemudian hari agar lansia lansia kita ini supaya tangguh khususnya yang di Laut Dendang ini yang menjadi percontohan, agar lansia rentan yang tidak mampu tadi diberikan semangat dan motifasi oleh keluarganya. Pembinaan BKL Kenari III yang dilakukan Tim penyuluh perwakilan BKKBN Provsu dengan penceramah motivator Drs Fahmi Lubis tersebut dirangkai dengan penyerahan baju seragam BKL untuk pengurus BKL Kenari III Desa Laut Dendang. Ketua BKL 2)Sadarna didampingi Ketua 1)Markilah, mengatakan pertemuan dari BKKBN ini sangat bermanfaat, artinya bahwa pembinaan itu tidak hanya dilakukan sekali saja tapi berkesinambungan supaya BKL ini bisa berjalan seperti yang diharapkan. “Dalam Bina Keluarga Lansia ini ada 7 dimensi yang harus dikerjakan salah satunya dimensi sipiritual kemudian dimensi lingkungan. Alhamdulillah itu tadi sudah dilaksanakan oleh COE Kenari III Desa Laut Dendang”, ungkap Sadarna yang juga Ketua TP PKK Desa Laut Dendang.

Selain Bina Keluarga Lansia yang ditetapkan tahun 2018 ini, lanjut Sadarna, kami akan menitik beratkan Bina Keluarga Remaja, karena remaja itu adalah generasi penerus bangsa, kami sudah melakukan Bina Balita Keluarga. Sedangkan Bina Keluarga Lansia saat ini sedang dalam proses menjadi Center Of Exellencee (COE) atau pilot projek percontohan untuk Sumatera Utara. Sementara yang sudah dikerjakan oleh program BKL antara lain Posyandu, pengobatan, senam, gotong royong, pengajian, pelatihan ketrampilan. Penyuluhan dari dinas terkait seperti dinas BP dan KB dan dinas kesehatan, “mudah mudahan Lansia kita ini tetap semangat, sehat dan dapat mengisi hari tua dengan hal hal yang lebih baik”, harap Sadarna.


Terpisah, Kepala Desa Laut Dendang Suwardi yang akrap disapa Adi Bor memberikan apresiasi kepada tim pembina pelatihan BKL dari Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara yang datang ke BKL Kenari III dan TP PKK Dea Laut Dendang yang mengelola BKL Kenari III Desa Laut Dendang dengan harapan sukses dan berkelanjutan terus.. (Firdaus Tanjung).

Post a Comment