Home » » Menuju Sistim Kerja Digitalisasi , Wagubsu Musa Rajekshah Kunjungi Telkom Landmark Tower Jakarta

Menuju Sistim Kerja Digitalisasi , Wagubsu Musa Rajekshah Kunjungi Telkom Landmark Tower Jakarta

Written By Faktaonlline.net on Friday, December 21, 2018 | Friday, December 21, 2018


Jakarta I Faktaonline.net  - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) merasa tertarik dan berencana untuk membenahi sistem kerja menuju digitalisasi. Apalagi, era revolusi industri 4.0 identik dengan digitalisasi, yang setiap manusia dituntut untuk melek terhadap perubahan-perubahan yang serba cepat dan menguasai teknologi yang semakin canggih.
Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah saat berkunjung ke Telkom Landmark Tower, Jalan Taman Widya Chandra Jakarta Selatan, Rabu (19/12). “ Sistem kerja kita saat ini masih identik dengan cara-cara tradisional dan manual. Kami merasa perlu untuk berbenah dan bertransformasi menuju tata kelola pemerintahan yang modern,” ujarnya.

Wagubsu menyampaikan bahwa kunjungannya ke Telkom Landmark Tower bertujuan untuk berdiskusi dan melihat langsung inovasi dan ekosistem kerja di Telkom. Dengan harapan, inovasi-inovasi serupa bisa diadopsi, khususnya yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi pada sistem kerja. “Sudah saatnya, birokrasi dengan sistem kerja tradisional berubah menuju sistem kerja yang canggih dan modern. Saat ini sebagian sudah mulai mengarah ke sana, seperti e-Absensi, e-Planning, e-Budgeting, dan lainnya. " Tapi kita ingin yang lebih lengkap lagi, khususnya terkait database,” tutur Musa Rajekshah atau yang juga akrab disapa dengan Ijeck

Menurut pengamatan Ijeck, urusan birokrasi sering kali menjadi lambat dan terhambat hanya karena masalah kecil seperti administrasi, pengarsipan, dan lainnya. Kedepannya, Ijeck menginginkan hal-hal tersebut tidak lagi menjadi persoalan, sehingga peluang untuk menciptakan sesuatu yang lebih besar dan bermanfaat bagi Sumut tidak terkendala. “Selain itu, digitalisasi juga mendorong cara kerja yang lebih transfaran dan terbuka. Mengurangi potensi dan peluang korupsi, suap, dan pungutan liar. Karena sistem digital itu terekam semua, baik jejak komunikasi, transaksi, dan lainnya," kata Ijeck. Untuk itu, Ijeck berharap sistem digitalisasi yang menyeluruh atau terintegrasi bisa segera diterapkan di seluruh lingkungan Pemprovsu, termasuk dinas-dinas.

Kedatangan Wagubsu dan rombongan diterima GM Government Solution and Partnership PT Telkom Alfi Sumarta, GM Local Government Service Yanto Setiawan, serta Direktur Enterprise and Business Services Dian Rachmawan dan jajaran. Mereka memuji niat Wagubsu menuju sistem digitalisasi. Dian Rachmawan selaku Direktur Enterprise and Business Services Telkom menyampaikan bahwa pihak Telkom tentunya bersedia membantu Pemprovsu apabila dibutuhkan untuk membantu mewujudkan cita-cita tersebut. Wagubsu dan rombongan kemudian diajak berkeliling dan melihat sistem kerja di Telkom Landmark Tower, termasuk ke Control Room yang menampilkan layar-layar besar berisi database dan informasi tertentu tentang telekomunikasi di Indonesia.
Wagubsu mengaku kagum dan berharap hal serupa bisa di terapkan di Pemprovsu, khususnya database yang berisi sumber daya, kondisi, dan situasi lengkap Sumut. “Sehingga bila diperlukan, hanya tinggal membuka dan melihat layar,” ujarnya.
Pada kesempatan itu, Wagubsu Musa Rajekshah turut didampingi Kepala Dinas Kominfo Provsu M Fitriyus dan Kepala Balitbang Armand Efendy. Turut hadir pula Direktur Utama PT KIM Trisilo Ari Setyawan. (fo/r)

Post a Comment