Home » » Tim Gabungan Muspika Percut Seituan Tuan Tertibkan PKL Pasar Gambir Tembung

Tim Gabungan Muspika Percut Seituan Tuan Tertibkan PKL Pasar Gambir Tembung

Written By Faktaonlline.net on Friday, December 21, 2018 | Friday, December 21, 2018


Percut Sei Tuan I Faktaonline.net - Tim gabungan Muspika Percut Sei Tuan Deli Serdang menertibkan ratusan lapak pedagang kaki lima (PKL) pasar VIII Gambir, Tembung Kec.Percut Seituan Kab.Deliserdang ,Jum’at (21/12)

Diawali apel pasukan penertiban yang diikuti Camat ,Koramil,Personil Polsek Percut Seituan
juga ratusan petugas yang terdiri dari puluhan unit Satpol PP , petugas Dishub, petugas Disperindag, petugas Perkim, PU PR, petugas Trantib kecamatan, dibantu pegawai kantor Desa Bandar Klippa dan Desa Tembung dikawal puluhan petugas Koramil dan Polsek Percut mulai merangsek lapak PKL masuk ke simpang pasar VIII Gambir.

Melihat petugas tim gabungan penertiban datang, lebih dari lima ratusan pedagang liar yang membuka lapak dagangan disekitaran lokasi pasar Gambir kocar kacir lari berusaha menyelamatkan dagangannya menjauh dari lokasi dan tidak sedikit pula pedagang yang terdiri dari pedagang sayuran mencoba mempertahankan lapak dagangannya. Walaupun disertai caci maki dan hujatan para pedagang yang berjuang menolak lapaknya digusur, namun petugas tim gabungan tidak sedikitpun merasa gentar dan tidak merasa takut. Satu persatu dagangan dan bangunan lapak PKL yang tebuat dari kayu dan tenda diangkut petugas naik keatas truck sampah untuk diamankan.

Pantauan Faktaonline.net , dilokasi tampak beberapa pedagang berusaha tarik menarik dagangan dan kayu lapak dengan petugas serta menyoraki petugas penertiban yang mengangkati bekas lapak pedagang yang telah dirobohkan dan  kayu tempat berjualan pedagang kedalam truck sampah untuk dibuang.

Camat Percut Sei Tuan Timur Tumanggor S.Sos MAP didampingi Kadishub Deliserdang, Tajuddin Harahap, Kabid Trantibum Pol PP Marzuki S.Sos MAP dan petugas Koramil 13 Percut Seituan beserta Polsek, mengatakan, penertiban di­la­kukan terhadap para peda­gang yang berjualan di ping­gir badan jalan, sehingga mem­persempit badan jalan yang mengakibatkan arus lalu lintas terganggu dan keberadaan PKL tersebut terkesan sangat kumuh.
Menurut camat tujuan pe­nertiban PKL ini juga untuk men­cip­takan kebersihan ling­kungan dan membe­rikan rasa nya­man kepada para peng­guna jalan, terutama di kawa­san Ja­lan Pasar Gam­bir yang de­kat dengan fasilitas keseha­tan dan pendidikan seperti rumah sakit dan Sekolah SMPN 2 Tembung.

" Penertiban ini dalam rangka kelancaran lalulintas menyambut Natal dan tahun baru. Kegiatan penertiban PKL ini dilakukan tiap hari dengan mendirikan tenda posko disimpang pasar VIII, kita menghimbau kepada para pedagang agar tidak menjajakan dagangannya apa lagi menjelang natal dan tahun baru agar jalan tidak macet." kata Camat.
Apa lagi PKL ini sudah melanggar Perda DS No: 7 tahun 2015 tentang ketertiban umum atau larangan berjualan diatas badan jalan dan trotoar. “Pener­tiban ini berke­lanjutan agar kawasan stra­­tegis di inti Kota Percut Sei Tuan tidak lagi terli­hat kumuh dan semberawut, se­hingga program Deli Ser­dang "BERSERI" yakni Ber­sih, Rapi, Sejuk, Rindang, Indah dapat dijabarkan di Kota Percut Sei Tuan”, tandas camat.

Dilokasi tampak anggota DPRD Deliserdang, Erwan ,memantau jalannya penertiban PKL, “Selaku anggota DPRD Deli Serdang kita mendukung kebijakan pemerintah melakukan penertiban guna kepentingan masyarakat, kita juga menghimbau kepada para pedagang agar mematuhi peraturan yang berlaku di Deli Serdang ini”, ujar Erwan.

Hadir dalam penertiban tersebut Kadishub DS Tajuddin Harahap.SH, Kabidtrantibum Pol PP Marzuki S.Sos MAP, Sekcam H.Harles Harahap.S.Sos, Kasitrantib J.Putra Dalimunthe bersama anggota trantip alinnya, Kades Bandar Klippa Suripno.SH bersama, Kades Tembung Misman bersama pegawai desa, petugas Koramil 13 PST dan petugas Polsek Percut, beberapa tokoh masyarakat dan pemuda Kecamatan Percut Sei Tuan. Kasatpol PP DS Suryadi Aritonang melalui Kabid Trantibum Pol PP Marzuki S..Sos MAP mengatakan satpol PP dalam rangka menegakkan Perda Deli Serdang melakukan penertiban PKL untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat Deli Serdang. (Firdaus Tanjung).

Post a Comment