Total Viewers

Home » » Gubernur Edi Rahmayadi Serahkan Penghargaan PROPER dan Adiwiyata Tingkat Sumut 2018

Gubernur Edi Rahmayadi Serahkan Penghargaan PROPER dan Adiwiyata Tingkat Sumut 2018

Written By Faktaonlline.net on Monday, January 28, 2019 | Monday, January 28, 2019


faktaonline.net

Medan , Faktaonline.net -  Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyerahkan penghargaan program penilaian peringkatan kinerja perusahaan (PROPER) serta penghargaan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan hidup (Adiwiyata) tingkat Provinsi Sumut tahun 2018, Senin (28/1) di aula Raja Inal Siregar kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan. Penghargaan PROPER 2018 diserahkan kepada 104 perusahaan dan 64 sekolah dari sejumlah kabupaten/kota di Sumut. “Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Saya mengucapkan selamat kepada seluruh penerima penghargaan program penilaian peringkatan kinerja perusahaan (PROPER) dalam pengelolaan lingkungan hidup dan para kepala sekolah peduli dan berbudaya lingkungan hidup (Adiwiyata) tingkat Sumut. Semoga kedepan dapat lebih baik lagi,” ujar Gubernur, usai penyerahan penghargaan secara simbolis kepada perwakilan penerima penghargaan.

Gubernur Edi Rahmayadi mengatakan, penilaian peringkat kinerja perusahaan serta sekolah peduli dan berbudaya lingkungan hidup oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Lingkungan Hidup bertujuan agar dunia usaha dan pendidikan lingkungan saling bersinergi untuk mewujudkan Provinsi Sumatera Utara yang lestari dan berwawasan lingkungan.

Pada kesempatan itu, Edi Rahmayadi juga mengimbau sekaligus mengharapkan agar dunia usaha dapat menjadi mitra Pemprovsu dalam mendukung dan berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan di Sumut. Diantaranya melalui corporate social responsibility (CSR) dan pembangunan masyarakat (Community Development). Ada beberapa program pembangunan di Sumut yang membutuhkan dukungan penuh dari dunia usaha. Diantaranya, perwujudan pembangunan karakter generasi muda berwawasan lingkungan hidup melalui pendidikan lingkungan hidup di sekolah-sekolah. Revitalisasi dan pembangunan sungai-sungai, khususnya bantaran sungai dengan pilot project Sungai Deli agar menjadi kawasan hijau bahkan dapat menjadi areal taman bermain. Kemudian, pengadaan sarana dan prasarana persampahan berupa tong sampah, becak sampah, truk sampah dan alat-alat kebersihan yang dihibahkan kepada daerah kabupaten/kota. Konservasi lingkungan hidup atau penghijauan khususnya pada lahan kritis, lahan terbuka dan daerah kawasan Danau Toba. Serta membantu pemerintah kabupaten/kota dalam mewujudkan perkotaan berwawasan lingkungan hidup dengan dukungan pembangunan ruang terbuka publik ramah anak, penghijauan kota dan pengadaan sarana dan prasarana kebersihan. “Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya meminta kepada 104 dunia usaha untuk dapat mengambil bagian secara nyata terhadap program pembangunan tersebut dan melaporkannya kepada Pemprovsu melalui Dinas Lingkunga Hidup." Karena proses perwujudan Provinsi Sumut yang bermartabat, aman, dan sejahtera dengan fokus membangun desa menata kota, hanya dapat diwujudkan apabila semua pihak, termasuk dunia usaha dapat berperan aktif ,” ujar Edy Rahmayadi.

Kepada Dinas Pendidikan Sumut dan kabupaten/kota, Edy juga meminta agar dapat mengintegerasikan program pembentukan karakter masyarakat (character building) yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup ke dalam kurikulum sekolah atau muatan lokal.
Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provsu Binsar Situmorang mengatakan, pemberian penghargaan program penilaian peringkatan kinerja perusahaan (PROPER) serta penghargaan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan hidup (Adiwiyata) merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan visi Provinsi Sumut, yaitu mewujudkan Sumatera Utara yang maju, aman dan bermartabat. Untuk penghargaan PROPER 2018, kata Binsar, diserahkan kepada 104 perusahaan yang ada di Sumut. Diantaranya 2 perusahaan yang mendapat peringkat hijau, 91 perusahaan peringkat biru dan sisanya 11 perusahaan peringkat merah. “Sedangkan penghargan Adiwiyata diserahkan kepada 64 sekolah dari sejumlah kabupaten/kota di Sumut,” ujarnya.
Turut hadir pada acara tersebut Sekretaris Daerah Provsu Sabrina, Asisten Pemerintahan Pemprovsu Jumsadi Damanik, Staf Ahli Gubsu Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan SDA Elisa Marbun, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota, Pimpinan Perusahaan Peraih Penghargaan PROPER, Kepala Sekolah Peraih Adiwiyata Provinsi Sumut, dan para Penggiat Lingkungan Hidup.(red)

Post a Comment