Total Viewers

Home » » Jelang Pemilu 2019 , KPU Medan Lantik 42 PPK Tambahan

Jelang Pemilu 2019 , KPU Medan Lantik 42 PPK Tambahan

Written By Faktaonlline.net on Thursday, January 3, 2019 | Thursday, January 03, 2019


Medan,Faktaonline.net - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan melantik 42 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tambahan di Aula Kantor KPU Kota Medan, Jalan Kejaksaan No.37, Rabu (2/1/2019) Pelantikan dipimpin langsung Ketua KPU Kota Medan, Agussyah Ramadani Damanik yang dihadiri seluruh Komisioner KPU Medan, M Rinaldi Khair, Nana Miranti, Edy Suhartono dan Zefrizal.

Ketua KPU Medan, Agussyah Ramadani Damanik mengatakan, pelantikan PPK tambahan se-Kota Medan ini berdasarkan pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 31/PUU-XVI/2018. “Penambahan berjumlah 2 orang tiap masing-masing kecamatan, dikarenakan ada 21 kecamatan di Kota Medan maka total semuanya ada 42 anggota PPK tambahan yang kita lantik hari ini,” katanya.

 Agussyah menambahkan, anggota PPK tambahan yang dilantik ini bertugas selama kurang lebih 6 bulan sejak dilantik. “Maka dari itu untuk segeralah bergabung dan beradaptasi dengan anggota 3 anggota PPK lainnya,” ucapnya.
Lebih lanjut pria yang akrab disapa Agus ini berpesan agar para PPK tambahan yang dilantik dapat menjaga integritas dan kemandirian. Sebab tahun 2019 menjadi sangat penting karena memasuki tahun politik. “Sekarang kita sudah memasuki tahapan-tahapan krusial, karena 17 April nanti sudah memasuki hari pencoblosan. Maka dari itu jaga integritas, jalankan tugas dan fungsi, utamakan pekerjaan ini dibandingkan kepentingan pribadi karena ini tugas negara,” harapnya.

Agus juga menjelaskan, Pemilu 2019 merupakan Pemilu serentak pertama di Indonesia. Karena selain pemilihan calon legislatif (caleg), tapi juga melakukan pemilihan calom presiden dan wakil presiden. “Oleh karena itu, tugas PPK juga bisa mengendalikan PPS (Panitia Pemungutan Suara). Sebab banyak PPS yang mengundurkan diri karena mengaku tugasnya terlalu rumit. Maka dari itu kami minta kepada para PPK untuk bisa memberikan pencerahan kepada mereka. Ini adalah pekerjaan mulia, karena kita bekerja untuk negara,” pungkasnya.

Sementara Komisioner KPU Medan Divisi Data dan Informasi, Nana Miranti meminta kepada PPK tambahan yang baru dilantik sama-sama bekerjasama untuk mensukseskan Pemilu 2019. “Banyak pesan dari KPU RI. Salah satunya adalah meningkatkan partisipasi pemilih. Selain itu juga pahami peraturan-peraturan yang ada (Peraturan KPU/PKP) serta undang-undang tentang kepemiluan,” tutupnya.

 Dalam kesempatan itu turut dihadiri Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan, Payung Harahap, dan anggota Bawaslu Kota Medan, M. Fadly, perwakilan Pemko Medan, perwakilan Polrestabes Medan, perwakilan Dandim 0201/BS dan tamu undangan lainnya. (inc/fo)

Post a Comment