Total Viewers

Home » » Wakil Bupati Sumba Barat Daya Minta Para Rato Pertimbangkan Jadwal Pasola Lebih Awal

Wakil Bupati Sumba Barat Daya Minta Para Rato Pertimbangkan Jadwal Pasola Lebih Awal

Written By Faktaonlline.net on Monday, January 28, 2019 | Monday, January 28, 2019


Tambolaka NTT , Faktaonline - Wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya NTT , Drs. Ndara Tanggu Kaha meminta para rato (tua) Kodi, mempertimbangkan menentukan jadwal pelaksanaan pasola lebih awal sehingga memudahkan pemerintah memasukannya menjadi kalender pariwisata nasional. " Misalnya menentukan jadwal pasola tiga tahun ke depan. Apa yang disampaikan hanyalah sebuah usul demi mempermuda promosi wisata ditingkat nasional hingga manca negara." kata Bupati.

Hal itu karena pada umumnya setiap wisatawan baik domestik maupun manca negara yang hendak berwisata ke Indonesia dengan jadwal yang pasti. Dengan demikian, bila Pasola Kodi, SBD sudah memiliki jadwal pelaksanaan pasola yang pasti maka memudahkan pemerintah mempromosikannya dan tentu banyak dikunjungi wisatawan.

Wakil Bupati Ndara Tanggu Kaha menyampaikan usul tersebut dalam pertemuan bersama para rato di Kampung Tosi di Desa Wura Homba, Kecamatan Kodi, SBD, Jumat (25/1/2019).

Wabup juga mengatakan , apa yang disampaikan hanya sebuah usul atau saran saja dan sama sekali tidak bermaksud mengintervensi para rato menentukan waktu pelaksanaan pasola Kodi. " Baginya, soal penentuan waktu pasola tetap wewenang penuh para rato. Pemerintah hanya memfasilitasi saja agar pelaksanaan pasola berjalan aman dan lancar " terang Bupati.

Tanggapi saran dari Wakil Bupati itu ,para rato mengatakan, akan mendiskusikan dahulu dengan semua rato Kodi. Tetapi pada prinsipnya, para rato berkeyakinan kuat pesta budaya adat pasola harus berjalan sesuai tradisi adat istiadat warisan leluhur. (Fabianus mone pati)

Post a Comment