Home » » Banjir Rob Landa Kota Tanjung Balai , Warga Resah , Aktivifitas Juga Terganggu

Banjir Rob Landa Kota Tanjung Balai , Warga Resah , Aktivifitas Juga Terganggu

Written By Faktaonlline.net on Friday, March 22, 2019 | Friday, March 22, 2019



Tanjungbalai I Faktaonline.Net  - Aktivitas warga Tanjungbalai terganggu, pasalnya hampir seluruh penjuru kota terendam air karena mengalami banjir Rob atau pasang air laut naik yang terjadi, mencapai 30 centimeter.  sejak pukul 16.00 WIB hingga 19 .00 WIB, Jum'at (22/3)
Pantauan faktaonline.Net, banjir rob tak hanya merendam diinti kota, banjir juga melanda hingga kelingkungan pemukiman penduduk di sepanjang bantaran Sungai Silo dan Sungai Asahan di enam kecamatan se-Kota Tanjungbalai.

Menurut Dahlan (75), seorang warga Kecamatan Tanjungbalai Utara mengatakan, permukiman penduduk yang berada di kawasan inti kota memang kerap menjadi langganan banjir rob saat gelombang air laut naik. " Akibatnya, banyak perabotan rumah tangga yang rusak terendam air laut, dan infrastuktur jalan mengalami kerusakan." katanya.
Lanjut Dahlan, yang rumahnya juga kemasukan air mengatakan, Sudah tiga hari pasang air laut naik, Saat ini ketinggian air laut sudah mencapai 40 centimeter, " Kami harus kerja ekstra, menimba air dan membersihkan rumah dari genangan air yang masuk,” ucapnya

Dahlan berharap agar Pemko Tanjungbalai dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara harus serius menyikapi permasalahan banjir yang sudah sering terjadi akibat pasang air laut. Sungai Silo dan Sungai Asahan yang membelah Kota Tanjungbalai, alurnya sudah lama sekali alur tidak dikeruk, sehingga mengalami pendangkalan, karena pasir yang berada dihulu sungai tersebut turun. Kurangnya kesadaran masyarakat membuang sampah sembarangan menjadi salah satu penyebab banjir, dan juga pemukiman warga seperti ruko- ruko di Kota Tanjungbalai seenaknya saja menutup drainase yang ada. Selain itu pembangunan drainase yang dilaksanakan oleh Pemko Tanjungbalai seperti tanpa perencanaan yang matang, buktinya drainase tersebut tidak dapat mengalirkan air, ujar Dahlan (SB).

Post a Comment