Home » » KPU Kota Medan Tetapkan Lima Lokasi Kampanye

KPU Kota Medan Tetapkan Lima Lokasi Kampanye

Written By Faktaonlline.net on Saturday, March 23, 2019 | Saturday, March 23, 2019


Medan I Faktaonline.Net  - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menetapkan 5 lokasi rapat umum untuk kampanye peserta Pemilu 2019 di Kota Medan. Ini berlaku bagi partai politik (parpol), calon anggota DPD, dan tim pemenangan capres-cawapres. Kelima titik yang ditetapkan itu adalah Lapangan Air Bersih (Kecamatan Medan Kota), Lapangan Gajah Mada (Medan Timur), Lapangan Pertiwi (Medan barat), Lapangan Helvetia (Medan Helvetia), dan Lapangan Tanah 600 (Medan Marelan). "Lokasi ini sesuai dengan persetujuan Pemko Medan," kata Komisioner KPU Medan, Edy Suhartono usai rapat koordinasi dengan peserta pemilu di Aula KPU Medan, Kamis (21/3).

Edy mengungkapkan penetapan lokasi rapat umum bukan berdasarkan daerah pemilihan (dapil) yang ada di Kota Medan. Dimana, dalam keputusan KPU RI bahwa Kota Medan masuk dalam Zona A. "Setiap peserta pemilu dapat pilihan dua hari mulai 24 Maret hingga 13 April. Namun pada 3 April 2019 bertepatan libur (perayaan Isra’ Mi’raj) maka jadwal saat itu dikosongkan. Sehingga secara keseluruhan waktu kampanye hanya 20 hari," jelasnya

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Medan, Bobby O Zulkarnain sempat melayangkan keberatannya terkait penetapan lokasi kampanye rapat umum. Ia menilai 5 lapangan yang menjadi lokasi rapat umum tidak mewakili setiap dapil yang ada di Kota Medan.
Ia meyakini hal tersebut akan merugikan seluruh calon anggota legislatif. "Di Dapil I ada dua lapangan yakni Pertiwi dan Helvetia. Kenapa di Dapil V tidak ada. Harusnya kan bisa digeser satu lapangan yang di Dapil I ke Dapil V," katanya.

Dia menjelaskan, berkaca Pemilu 2014 lalu, lokasi rapat umum untuk kampanye mewakili seluruh dapil. "Padahal ada lapangan Kwala Bekala di Dapil V, kenapa tidak di sana dibuat seperti 2014 lalu," ungkapnya. Karena tidak ada lokasi rapat umum di Dapil V, maka sesuai saran KPU dan Bawaslu, dilakukan rapat tertutup atau pertemuan tatap muka dengan masyarakat. "Berdasarkan aturan, rapat tertutup tingkat kabupaten/kota hanya boleh dihadiri 1.000 undangan. Itu nanti akan kita buat. Cuma belum tahu jadwalnya," sebutnya
Ia mengatakan pihaknya mendapatkan giliran rapat umum di hari pertama dan kedua yakni 24 dan 25 Maret 2019. "Rencananya paslon capres dan cawapres 02 akan menghadiri salah satu rapat umum di Kota Medan. Cuma di mana dan kapan, akan kami koordinasikan lebih jauh dengan Badan Pemenangan Daerah Provinsi dan Nasional," paparnya.(red)

Post a Comment