Total Viewers

Home » » BNN Provinsi Sumut Berhasil Ungkap Jaringan Narkoba Internasional, 5 Tersangka Diringkus

BNN Provinsi Sumut Berhasil Ungkap Jaringan Narkoba Internasional, 5 Tersangka Diringkus

Written By Faktaonlline.net on Saturday, April 27, 2019 | Saturday, April 27, 2019


Medan I Faktaonline.Net - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Utara berhasil mengungkap jaringan Narkoba Internasional yang dikendalikan Narapidana dari dalam Lapas Kelas I Tanjung Gusta Medan. Dari pengungkapan itu, BNN Provinsi Sumut berhasil meringkus 5 orang tersangka dari 4 lokasi berbeda. Kelima tersangkap yakni, Iyan (30), Said Zulham (42), Sangkot Hairat Pohan (30), Febriadi Juhri alias Bantut (29) dan tersangka berinisial DK yang merupakan seorang napi Lapas Kelas I Tanjung Gusta, Medan.
Pengungkapan itu berawal, pada saat dilakukan penangkapan terhadap Iyan di Jalan Lintas Sumatera Desa Padang Halaban, Kecamatan Rantau Utata, Kabupaten Labuhan Batu pada 13 April 2019 lalu,  sekira pukul 01.00 WIB. "Tersangka Iyan berperan sabagai kurir yang disuruh oleh terangka Sandi (DPO) untuk mengantarkan 3 Kg sabu kepada tersangka Bantut," ujar Kepala BNN Provinsi Sumut, Brigjen Pol Atrial, Jumat (26/4/2019).
Kemudian dilakukan pengembangan, dari situ petugas berhasil menangkap Said Zulham di Gang Aman Kampung Baru, Kota Tanjung Balai pada Sabtu (13/4/2019) dini hari, sekira pukul 02.00 WIB. Kepada petugas, tersangka Said Zulham mengaku berperan sebagai kurir yang disuruh oleh tersangka Sandi (DPO) untuk mengantarkan sabu kepada Bantut. Tidak sampai disitu, petugas kembali melakukan pengembangan dan kembali berhasil meringkus tersangka Febriadi Juhri alias Bantut Sandi (DPO) sebagai kurir yang mengantarkan sabu kepada Bantut dari Kampung Baru Gang Sahabat, Kelurahan Kartini, Kecamatan Rantau Utata, Kabupaten Labuhan Batu pada Sabtu (13/4/2019) dini hari, sekira pukul 02.00 WIB. "Tersangka Bantut berperan sebagai penerima sabu yang diantarkan tersangka Iyan, Said Zulham dan Sangkot Hairat Pohan bertindak sebagai pemegang barang yang diperintahkan oleh tersangka berinisial DK dari dalam Lapas kelas I Tanjubg Gusta, Medan. Dari tangan Iyan, Said Zulham dan Sangkot Hairat Pohan disita 16 bungkus sabu dengan berat 5.602.6 gram yang dikemas dalam bungkusan minuman Milo, pil ekstasi 1.900 butir dan pil H5 330 butir," papar  Brigjen Pol Atrial.
Masih kata orang nomor satu di BNN Provinsi Sumut ini menjelaskan, selain mengamankan narkotika mereka juga turut mengamankan 2 unit sepeda motor, 6 unit HP, 3 kota kartu perdana, 1 buku catatan, 2 buku rekening Bank BRI dan Bank Mandiri, serta 1 buah kartu ATM. Para tersangka dikenakan Pasal 114, Pasal 112 dan Pasal 132, UU No. 35 tahun 2009 tentang tindak pidana narkotika dengan ancaman hukuman seumur hidup atau hukuman mati. Ujar Brigjen Pol Atrial.(rel)

Post a Comment