Home » » Khusus Bagi Warga Binaan di Rutan dan Lapas , KPU Sumatera Utara Siapkan 23 TPS

Khusus Bagi Warga Binaan di Rutan dan Lapas , KPU Sumatera Utara Siapkan 23 TPS

Written By Faktaonlline.net on Thursday, April 11, 2019 | Thursday, April 11, 2019



Medan I Faktaonline.Net -  Jelang pesta demokrasi pemilu 2019 , Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara menyiapkan sebanyak 23 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus untuk warga binaan di seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan ) pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 17 April 2019 mendatang.

Komisioner KPU Sumut Divisi Data dan Informasi Herdensi Adnin mengatakan, TPS di Lapas dan Rutan merupakan TPS Khusus yang didirikan KPU untuk warga binaan. Dari 39 Lapas dan Rutan se-Sumut, TPS khusus yang didirikan tersebut berjumlah 23, yang tersebar di Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Deli Serdang, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Kabupaten Labuhanbatu dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng). “23 TPS di Lapas itu tidak saja digunakan warga binaan yang menjadi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), tetapi juga warga binaan yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT). Untuk DPTb yang terkonsentrasi di TPS Lapas Rutan itu ada 4.828 orang. Tetapi kan ada juga yang terdaftar di DPT daerah asal dan berada di daerah asalnya. Jadi di Lapas Rutan itu ada juga yang pemilih DPT,” kata Herdensi di Medan, Kamis (11/4).

Herdensi mencontohkan, banyak warga binaan di Lapas atau Rutan Tanjung Gusta Medan yang juga berasal dari kelurahan yang sama. “Misalnya di Medan itu, pemilih DPT dalam Lapas ada 639 orang. Saat Pilgub itu mereka direkam KTP-nya di Lapas. Jadi ada warga Kecamatan Helvetia Kelurahan Tanjung Gusta itu, TPS-nya di dalam dan mereka itu DPT bukan DPTb,” ujarnya.
Dikatakan Herdensi, untuk kabupaten kota lain yang memiliki Lapas dan Rutan, ada yang tidak mendirikan TPS khusus karena jumlah warga binaannya tidak banyak. Menurutnya, akan digunakan TPS keliling bagi warga binaan yang ingin menggunakan hak suaranya. “Di daerah-daerah lain ada Lapas Rutan tapi jumlahnya tidak besar. Misal di Madina, itu ada 49 orang. Nah, yang 49 orang ini dia kita tempatkan di TPS-TPS terdekat dan pada hari H itu nanti TPS-nya masuk ke dalam (Lapas/Rutan) seperti rumah sakit,” pungkasnya.
Sementara di Kota Medan, KPU Medan mendirikan 12 TPS khusus di 5 Lapas dan Rutan se-Kota Medan. Menurut Komisioner KPU Medan Divisi Program, Data dan Informasi, Nana Miranti, total ada 3.168 warga binaan di Kota Medan terdiri dari 623 DPT dan 2.545 DPTb.(trb/r)

Post a Comment