Total Viewers

Home » » Jaga Kelancaran Pleno Penghitungan Suara ,Ketua KPU Sumba Barat Daya Intruksikan PPK Membuka Salinan C 1 Plano

Jaga Kelancaran Pleno Penghitungan Suara ,Ketua KPU Sumba Barat Daya Intruksikan PPK Membuka Salinan C 1 Plano

Written By Faktaonlline.net on Wednesday, April 24, 2019 | Wednesday, April 24, 2019


Waikabubak I Faktaonline.Net - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Sumba Barat Nusa Tenggara Timur , Sophia Marlinda Djami, S.Hut mengintrusksikan semua PPK agar membuka salinan C1 plano demi menjaga kelancaran pleno perhitungan suara disetiap kecamatan. Hal itu karena banyaknya perdebatan panjang yang memakan waktu lama, yang hanya mempersoalkan hal teknis adanya perbedaan data perolehan suara yang mungkin saja terjadi kesalahan menulis petugas KPPS saat memindahkan data dari satu lembaran formulir ke lembaran lainnya akibat keletihan. Menyimak kejadian itu maka ia memerintahkan mulai Selasa (23/4/2019) dan seterusnya PPK Kota Waikabubak harus membuka C1 plano sehingga rapat pleno berjalan lancar.,Intruksi kebijakan Ketua KPU Sumba Barat Daya tersebut langsung diikuti oleh 5 PPK lainnya agar proses rapat pleno berjalan lancar.
Hal itu disampaikan Ketua KPU Sumba Barat, Sophia Marlinda Djami kepada wartawan disaat memantau jalannya proses pleno PPK Kota Waikabubak, Selasa (23/4/2019).

Dikatakan Sophia, keputusan membuka c1 plano, agar lebih transparan dan masyarakat merasa puas. Sebagai penyelenggara pemilu tidak ingin memandang C1 plano sebagai sesuatu yang tabu bila dibuka. Sebagai Ketua KPU , ia mengintruksikan semua PPK membuka C1 plano bila terjadi perbedaan data pemilu. " Buka saja C 1 plano, untuk mencocokan data agar masyarakat merasa puas. Dengan demikian, masyarakat tidak memberi pandangan negatif terhadap penyelenggara" katanya. Disisi lain, langkah membuka c1 plano untuk memberi pelajaran agar ke depan petugas penyelenggara pemilu tidak boleh bermain mencederai proses demokrasi di daerah ini. Keputusan membuka c1 plano dengan harapan proses pleno berjalan aman dan lancar.

Sedangkan di Kabupaten Sumba barat Daya banyak caleg- caleg yang merasa tidak senang degan hasil pleno  PPK,seperti di Dapil IV Kecamatan Kodi, Kec Kodi Bangedo dan Kec.Kodi Balaghar, caleg dari partai Nasdem dan caleg PPP , merasa tidak puas dengan hasil pleno penghitungan suara yang dilakukan PPK.
Caleg incumben Hermanus Dara Njaka Dana,yang datang di PPK Kec Kodi Bangedo meminta PPK minta untuk batalkan pleno karena tidak sesuai prosedur " buktinya banyak C1 yang kotor " ucapnya (fabianus )

Post a Comment