Home » » Ketua KPU Sumut : 23 April Pemilu Susulan di Nias Selatan

Ketua KPU Sumut : 23 April Pemilu Susulan di Nias Selatan

Written By Faktaonlline.net on Monday, April 22, 2019 | Monday, April 22, 2019


Medan I Faktaonline.Net - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara telah menetapkan jadwal pemilihan susulan di 5 kecamatan di Kabupaten Nias Selatan (Nisel). "Selasa 23 April Pemilu susulan di Nisel," ujar Ketua KPU Sumut, Yulhasni (poto) , di Medan, Minggu (21/4). Dijelaskannya, ada sekitar 30,962 yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) di lima kecamatan yang akan ikut pemilu susulan di Nisel. "Ada 153 TPS, yang tersebar di lima kecamatan, yakni di kecamatan Somambawa ada 6.362 DPT, Sidua'ori 5.181, Mazino 6.884, Lolowau 5.358, dan Toma 7.176 DPT," jelasnya.

Berdasarkan aturan yang ada, pemungutan suara ulang paling lambat dilakukan 10 hari setelah hari pemungutan suara, sebut Yulhasni.
Pada saat pemiihan nanti, masyarakat akan diliburkan. Karena itu KPU sangat berharap masyarakat datang berbondong-bondong ke TPS. Terkait adanya keterlambatan logistik, Yulhasni mewakili KPU meminta maaf kepada masyarakat Nisel. "Kalau kemarin tanggal 17, terkendala ada kesulitan logistik. Kita minta maaf ke masyarakat tidak bisa mengatur waktu yang tepat," tuturnya.

Sementara, Kapolres Nias Selatan, AKBP I Gede Nakti Widhiarta mengatakan pihaknya sudah sangat siap menghadapi jalannya Pemilu di tempat itu. "Sudah kita siapkan, sudah kita minta BKO dari Polda juga. Semua TPS sudah kita amankan sesuai dengan pengamanan sepeti sebelumnya," katanya. Dia juga menerangkan saat pengamanan PSU ada 190 personel kepolisian yang menerima TPS, termasuk ikut personel dari Brimob. Terkait dengan salah satu daerah di Sumut yang rawan konflik Pemilu, Gede mengatakan sudah melakukan beberapa langkah prefentif dengan mengundang masyarakat untuk saling mendukung setiap proses demokrasi. "Ya kita sudah menyediakan himbauan masyarakat untuk meminta pelaksanan Pemilu masing-masing kita sama-sama memerlukan keamanan dan ketertiban apa pun yang bisa diterima," ucapnya.(red)

Post a Comment