Total Viewers

Home » » Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pemilu 2019 , KPU Medan Gelar Fun Run

Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pemilu 2019 , KPU Medan Gelar Fun Run

Written By Faktaonlline.net on Friday, April 5, 2019 | Friday, April 05, 2019


Medan I Faktaonline.Net - Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Umum tahun 2019, KPU Medan menggelar Pemilu Fun Run KPU Medan dengan menggandeng Deliguist Production diadakan, Minggu (7/4) sebagai event organizer.
Ketua KPU Medan Agussyah Ramadhani Damanik bersama Komisiner Rinaldi, Nana Miranti, Jep Rizal dan Edi Suhartono serta pimpinan Deliguist Pruduction Yose Piliang, Kamis (4/4/209) di kantor KPU Medan kepada wartawan menjelaskan bahwa kegiatan Fun Run KPU Medan, bertujuan untuk sosoalisasi pemilu 2019 dengan harapan masyarakat lebih mengetahui tentang pemilu 2019 dan datang beramai-ramai ke TPS menggunakan hak suaranya pada tanggal 17 April 2019. Pelaksanaan Pemilu Fun Run KPU atau gerak jalan tersebut didasari UU RI No 7 tahun 2017 tentang Pemilu serta Peraturan KPU No 32 tahun 2018 perubahan kedua atas Peraturan KPU No. 7 tahun 2017 tentang tahapan dan program maupun jadwal penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 dan untuk meningkatkan partsipasi Pemilih dalam Pemilu tahun 2019, KPU Medan menggelar serangkain kegiatan seperti KPU Run. Kegiatan melintasi jarak 4 KM melibatkan masyarakat secara umum bagi yang terdaftar.”Peserta KPU Run harus terlebih dahulu mendaftarrkan diri, karena kita memberikan koustum dan menyediakan berbagai hadiah ,”ujar Yose Piliang.

Menurut Ketua KPU Medan, Agussyah Damanik, sebelum pesta demokrasi pada 17 April mendatang, seluruh penyelenggara pemilu di Indonesia menggelar sosialisasi plus ajang hiburan bagi masyarakat yang digelar serentak Minggu, 7 April 2019 ini, sebagaimana instruksi dari KPU Pusat. Tak hanya sosialisasi pemilu, katanya, tapi juga sejumlah perlombaan yang m
menghibur masyarakat. “Sosialisasi yang kita sampaikan berupa pentingnya Pemilu, cek DPT, jadwal pemungutan suara, pengenalan partai politik peserta pemilu, pengenalan calon presiden dan wakil presiden, pengenalan calon anggota DPD, tata cara pindah pemilih, jumlah dan jenis suara serta cara mencoblos, memerangi hoax dan ajakan anti golput,” jelasnya. “Asalkan tidak memakai atribut yang berbau pemilu. Kita ingin sebelum tanggal 17 April ini semuanya warga Medan lebih tahu tentang pemilu, lebih rileks dengan adanya kegiatan ini. Target kita adanya peningkatan partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS,” ucapnya.

Menurut Yose Piliang, jenis perlombaan di antaranya lari, rute start dan finish kantor KPU Medan Jalan Kejaksaan, Jalan Pengadilan, Jalan Maulana Lubis, Jalan Imam Bonjol, Jalan P Diponegoro. Kemudian perlombaan makan kerupuk, mural exibition yang melibatkan seniman Kota Medan, lomba selfie dan lain sebagainya. “Pastinya dengan beragam hadiah yang kami berikan kepada peserta seperti sepeda, kulkas, kipas angin dan TV. Dan bagi peserta pendaftar awal akan mendapatkan baju kaos yang cuma tersedia bagi 500 orang. Jadi ayo berlomba daftarkan diri,” seru Yosse Piliang yang akrab disapa Mak Yos ini.
Menariknya lagi, lanjut Mak Yos, kegiatan ini sengaja dibuat dengan suasana gembira agar masyarakat tetap terhibur. Untuk syarat dan ketentuan peserta, cukup mendaftarkan diri dan bagi peserta yang tidak mendapatkan baju kaos, boleh saja mengenakan kostum olahraga lain.(red)

Post a Comment