Home » » KPU Lampung Utara Gelar Rapat Pleno Terbuka Penghitungan Suara Pemilu 2019

KPU Lampung Utara Gelar Rapat Pleno Terbuka Penghitungan Suara Pemilu 2019

Written By Faktaonlline.net on Thursday, May 2, 2019 | Thursday, May 02, 2019


Lampung Utara | Faktaonline.Net,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) melaksanakan rapat pleno rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara pemilu serentak tahun 2019, terdiri dari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPR Provinsi, serta DPRD Kabupaten. Rabu (1/5/2019).
Ketua KPU Lampung Utara Marton, SE menjelaskan, sebanyak 2.081 TPS yang tersebar di 247 desa dan kelurahan, saat ini telah masuk dalam tahapan rekapitulasi tingkat kabupaten. Dirinya sangat berterima kasih kepada rekan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) , PPS dan KPPS yang sudah membantu menyukseskan jalannya pemilahan umum serentak. "Semua berjuang, berusaha untuk menyukseskan pemilu, dengan segenap tenaga dan pikiran, dengan cacian makian, bukan suatu masalah, tetapi jadikan penyemangat. Sebagai penyelenggara sudah melakukan sesuai azas penyelenggara Pemilu, Netral, dan berintegritas," katanya.

Dikatakannya,  Dalam segi keamanan, pihak TNI-Polri dengan penuh semangat dilandasi kejujuran, nilai moral baik pelaksanaan pemilu serentak dapat berlangsung dengan baik dan sejuk. “Mudah-mudahan sampai selesai, Lampura tetap kondusif, terjaga silaturahmi,” katanya.
Untuk diketahui, Dari 23 kecamatan, tinggal 1 kecamatan yakni Kotabumi Selatan yang belum menyelesaikan rekapitulasi. Hal ini dikarenakan jumlah TPS nya banyak dibandingkan kecamatan lainnya. “Bagi yang berhasil atau yang tidak berhasil menjadi calon anggota legislatif, hendaknya saling menghormati dan menghargai," harapnya.

Selain itu, Kapolres Lampung Utara, Ajun Komisaris Besar Polisi, Budiman Sulaksono mengatakan kesiapan dalam mengamankan rapat pleno butuh dukungan dan kerjasama dari semua pihak. Dirinya menghimbau mematuhi peraturan yang berlaku. " Jika terjadi permasalahan selesaikan dengan kepala dingin" himbau Kapolres..
Pada kesempatan yang sama, Bupati Lampung Utara,  diwakili oleh Sofyan, selaku Pj Sekretaris Kabupaten Lampung Utara mengatakan hari ini rekapitulasi penghitungan suara Pilpres, dan pemilihan legislatif. Penyelenggaraan pemilu serentak baru pertama kali, namun sudah mempunyai modal seperti pemilihan kepala daerah. Dari awal, hampir tidak ada kejadian yang mengganggu. Tentunya karena kesadaran berdemokrasi yang cukup tinggi. " Pemkab Lampung Utara mengucapkan terimakasih atas kondusivitas pelaksanaan pemilu serentak. Mudah mudahan berjalan dengan baik. Kita yakin penyelenggara dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Menyiagakan tenaga medis dan ambulan di KPU lampung Utara, sert mobil pemadam kebakaran pada pleno tingkat kabupaten," kata Sofyan.
Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Lampung M. Tio Aliansyah menyampaikan banyaknya korban dalam pemilihan umum serentak, hal ini akan menjadi catatan tersendiri dalam perjalanan demokrasi. Untuk itu, Dirinya mengucapkan terimakasih dan apresiasi secara khusus kepada PPK, PPS dan KPPS yang telah menyelesaikan tugasnya pada tingkat kecamatan sehingga sekarang sudah masuk dalam tahapan tingkat kabupaten. (Syah99-IWO)

Post a Comment