Home » » Pemkab Deliserdang Gelar Konsultasi Publik Rancangan RPJMD Tahun 2019 - 2024

Pemkab Deliserdang Gelar Konsultasi Publik Rancangan RPJMD Tahun 2019 - 2024

Written By Faktaonlline.net on Thursday, May 23, 2019 | Thursday, May 23, 2019


Lubuk Pakam I Faktaonline.net - Pemkab Deli Serdang menggelar konsultasi publik rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Deli Serdang tahun 2019-2024, yang dibuka Wakil Bupati HMA Yusuf Siregar,Kamis (23/5) di aula Cendana Kantor Bupati Deli Serdang yang dihadiri Kabid Perencanaan Sarana dan Prasarana Kewilayahan Bapedda Sumut yang sekaligus narasumber Ir. Anda Subrata M.Si ,para Staf Ahli, Asisten, Para OPD,para Kabag ,Camat se Deli Serdang,BUMD dan Tokoh Masyarakat,agama dan pemuda. 

Sekretaris Bappeda Ir Herry Lubis MT menjelaskan dalam laporannya pelaksanaan forum Konsultasi public Ranwal RPJMD yang berlangsung satu hari penuh ini menghadirkan tenaga ahli Bidang Ekonomi Pembangunan USU Wahyu Ario Pratomo SE,MEc ,Kepala BPS Deli Serdang Ir Tuti Hidayati,dan Kepala Bapendda Deli Serdang Ir Abdul Haris Pane MM,sekaligus dilaksanakan diskusi dan tanya jawab, bertujuan untuk mendapatkan saran dan masukan dari para pemangku kepentingan sebagai bahan peneyempurnaan rancangan awal menjadi RPJMD Kabupaten Deli Serdang tahun 2019- 2024 yang diharapkan terwujudnya pembangunan daerah yang baik dan berkesinambungan. Sedangkan tujuannya untuk mendapatkan masukan dan pengayaan substansi guna penyempurnaan draf Ranwal RPJMD Kabupaten Deli Serdang tahun 2019-2024 yang memuat gambaran pengelolaan keuangan daerah serta kerangka pendanaan, analisis isu-isu strategis, penyajian visi dan misi tujuan dan sasaran,strategis dan arah kebijakan serta kebijakan umum dan program pembangunan daerah tahun 2019-2024. 

Pelaksanaan konsultasi Publik Ranwal RPJMD ini merupakan tahapan kedua dari enam tahapan yang harus dilalui sebelum dokumen dapat dijadikan acuan dalam penyusunan rencana tahunan oleh setiap SKPD, tahap tersebut yaitu persiapan penyusunan RPJMD, penyusunan Ranwal RPJMD, penyusunan rancangan RPJMD, pelaksanaan Musrenbang RPJMD, perumusan rancangan akhir dan penetapan peraturan daerah tentang RPJMD. Wakil Bupati HMA Yusuf Siregar mengatakan forum konsultasi publik rancangan awal rpjmd yang kita laksanakan hari ini mempunyai arti yang sangat penting dalam keberlanjutan pembangunan Kabupaten Deli Serdang 5 (Lima)tahun kedepan.Keberhasilan pembangunan tidak terlepas dari peran pemangku kepentingan dalam memberikan saran dan masukan yang fokus pada kebutuhan dan bukan dilandasi oleh keinginan. 

Pelaksanaan forum ini juga dimaksud untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan deli serdang tahun 2019-2024 guna penyempurnaan rancangan awal RPJMD. Dokumen RPJMD berfungsi sebagai dokumen perencanaan teknis operasional dalam mendukung arah kebijakan serta program dan kegiatan setiap perangkat daerah untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Deli Serdang 5 (Lima) tahun kedepan. (DS01)

Post a Comment