Home » » SC PERHAPI - ITM Mengadakan Kuliah Umum dan Bedah Buku

SC PERHAPI - ITM Mengadakan Kuliah Umum dan Bedah Buku

Written By Faktaonlline.net on Wednesday, May 8, 2019 | Wednesday, May 08, 2019


Medan I Faktaonline.Net - .Student Chapter Perhimpunan Ahli Per­tam­ba­ngan Indonesia (PERHAPI)-ITM me­ngadakan kuliah umum dan bedah buku di Aula Kampus ITM, baru-baru ini. Kuliah umum tersebut menghadir­kan, na­rasumber Iwan Syahroni dari PT Agi­n­co­urt Resources dan Sekre­taris Ikatan Alum­ni Teknik Pertam­ba­ngan Raja M Yusuf Lubis. Sedangkan bedah buku pem­bicaranya Dr Eng M Chandra Nugraha (Ju­rusan Teknik Lingkungan ITENAS Ban­dung).
Tampak hadir dalam kegiatan itu, Wa­kil Rektor IV ITM Ir Mustafa, Ke­t­ua Jurusan Tenknik Pertambangan ITM Ir. Eka Onwardana, Sekretaris Ju­ru­san Teknik Pertambangan ITM, dan ratusan mahasiswa Teknik Per­tam­bangan ITM. Wakil Rektor IV Ir Mustafa me­ngatakan, kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan wawasan kepada ma­hasiswa, supaya mereka lulus mem­punyai kompeten teknik pertamba­ngan yang siap di dunia kerja. Dia mengakui, untuk meningkatkan ke­cerdasan bangsa tidak terlepas dari ilmu praktis. "Ini sangat bermanfaat karena ilmu praktis sangat sedikit se­kali pengalaman di dunia industri. Pro­sesnya masih sangat kecil sekali," pung­kasnya.

Ketua Jurusan Teknik Pertamba­ngan ITM,  Ir. Eka Onwardana menga­ta­kan, kuliah umum ini untuk sharing ilmu pengetahuan tentang bidang as­pek lingungan. Berbicara lingkungan, perusahaan per­tambangan harus mematuhi regu­lasi. Ke­mu­dian pengelolaan dan ada pe­mantauan. Mes­kipun terkadang di­akuinya penge­lolaan dan pemantauan ma­sih kurang. Namun dia meyakini pertambangan pasti akan mereklamasi. Karena pe­ru­sahaan tambang sebelum mem­buka la­hannya sudah deposit bujetnya 10 tah­un ke depan. "Kalau sudah selesai ling­kungannya dikembalikan, ten­tu­nya pasca tambang dikerjakan akan di­evaluasi," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua SC PERHAPI-ITM Nurahman Fitra menyampaikan, kuliah umum ini bertemakan "Penera­pan Good Mining Practice dalam Aspek Lindung Lingkungan Pertam­ba­ngan Minerba". Sedangan Ketua HMTP-ITM Rah­mad Situmorang berharap dari maha­siswa untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari kuliah umum ini m­engenai pentingnya pe­ngo­­lahan ling­kungan hidup pertamba­ngan dari peru­sahaan-perusahaan pertam­ba­ngan di Sumatera Utara agar masyarakat tidak se­lalu salah paham tentang pe­ngu­rusan ling­kungan hidup di kawasan per­tamba­ngan. Dalam kuliah umum itu narasumber Iwan Syahroni menyampaikan maka­lah­nya tentang "Pemenuhan Regulasi Per­izinan Lingkungan dan Aspek So­sialnya" dan Raja M Yusuf Lubis me­nyampaikan makalah tentang "Pe­ra­nan Mine Engineer dalam Implem­en­tasi Lindung Lingkungan Perim­ba­ngan Minerba". (pul)

Post a Comment