Total Viewers

Home » » Optimis Raih Kemenangan di Tingkat Nasional , BPJS Kotabumi Sosialisasikan Mengajar “Knows and Win”

Optimis Raih Kemenangan di Tingkat Nasional , BPJS Kotabumi Sosialisasikan Mengajar “Knows and Win”

Written By Faktaonlline.net on Friday, June 21, 2019 | Friday, June 21, 2019


Lampung Utara,Faktaonline.Net - BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi kembali menggelar kegiatan BPJS Mengajar “Knows and Win” yang dilaksanakan di Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara, Jumat (21/06). Kegiatan ini diadakan dalam rangka menyambut HUT BPJS Kesehatan ke 51 yang jatuh pada tanggal 15 Juli 2019. turut dihadiri Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi Lia Y Surosa, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara Maya Metissa serta peserta kegiatan BPJS Mengajar yaitu PIC Prolanis dan Peserta Prolanis dari 27 puskesmas di Lampung Utara.

Dalam sambutannya Kepala BPJS Kesehatan Cabang kotabumi, Lia Y Surosa mengucapkan terima kasih atas kesediaan peserta sosialisasi untuk hadir di acara BPJS Mengajar “Knows and Win”. “Saya ucapkan terima kasih atas kesediaan Bapak dan Ibu untuk hadir pagi ini di kegiatan BPJS Mengajar. " Kita akan melakukan update informasi terkait Program JKN-KIS jadi mohon di perhatikan dengan baik, harapannya tentu agar kedepannya Bapak dan Ibu bisa transfer pengetahuan tentang Program JKN ini kepada rekan-rekan dan masyarakat yang membutuhkan informasi, sekaligus sosialisasi ini juga dilakukan dalam rangka mempersiapkan diri karena akan ada lomba “Knows and Win” dimana Bapak dan Ibu menjadi pesertanya,” kata Lia.

Senada dengan Lia, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Utara, Maya Metissa juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran peserta sosialisasi dan berharap peserta kegiatan BPJS Mengajar “Knows and Win” dari Kabupaten Lampung Utara dapat meraih kemenangan dalam lomba “Knows and Win” yang akan diselenggarakan serentak oleh BPJS Kesehatan. “Sosialisasi pada hari ini adalah bahan pembelajaran untuk kita semua agar kita selalu update informasi mengenai Program JKN, terlebih ini akan dilombakan jadi saya harap peserta dari Kabupaten Lampung Utara dapat menang di tingkat regional bahkan nasional. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kehadiran Program JKN telah membawa manfaat yang sangat besar, oleh karena itu sudah selayaknya kita selalu mendukung kegiatan-kegiatan positif yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Jika memang ada kendala hendaknya diselesaikan dengan baik dan profesional. Terlebih dengan adanya aplikasi Mobile JKN ini membuat jaminan kesehatan kita selalu ada di genggaman tangan. Kami dari Dinas Kesehatan Lampung Utara sangat mendukung Program JKN,” ujar Maya.

Setelah Maya membuka kegiatan BPJS Mengajar “Knows and Win” acara dilanjutkan dengan pemberian materi Prolanis oleh Staff Pengelolaan Fasilitas Kesehatan Primer Cabang Kotabumi Shely Mariska dan materi terkait FKTP oleh Staff Utilisasi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Antri Fraud Ahmad Hidayat. Semua peserta kegiatan tampak fokus menyimak materi yang diberikan dan suasana menjadi ramai saat sesi tanya jawab dimulai. “Beberapa waktu yang lalu saudara saya sakit dan harus dilarikan ke rumah sakit, namun ada obat yang harusnya dicover BPJS Kesehatan tidak tersedia saat itu. Beberapa hari saya tanyakan lagi di apoteknya tapi tetap saja obat tersebut belum tersedia. Jika begini kejadiannya bagaimana ya? Seharusnya obat tersebut saya dapatkan gratis tapi saya terpaksa harus beli sendiri di apotek luar,” keluh Machrupan, Peserta Prolanis dari Puskesmas Kotabumi 2. “Rumah sakit telah memasang poster berisi informasi petugas PIPP BPJS Kesehatan beserta nomor kontaknya, biasanya dipasang di bagian depan rumah sakit. Jika terjadi hal demikian Bapak bisa menghubungi petugas PIPP lalu petugas PIPP yang akan melakukan konfirmasi kepada rumah sakit untuk memastikan apakah obat tersebut memang benar-benar habis atau tidak, lalu proses selanjutnya akan kita selesaikan sampai tuntas,” jawab Ahmad.

Peserta kegiatan sangat antusias memberikan pertanyaan, terakhir datang dari Anis Kurniaastuti, PIC Prolanis dari Puskesmas Semuli Raya. “Jika bayi baru didaftarkan menjadi Peserta JKN 6 bulan hingga 1 tahun setelah ia lahir, apakah kita harus tetap membayarkan iurannya terhitung dari bulan si bayi lahir?” “Benar Bu, maksimal iuran yang dibayarkan adalah 24 bulan dan 1 bulan berjalan terhitung dari bulan si bayi lahir. Jadi jika bayi tersebut berumur 1 tahun dan baru didaftarkan menjadi peserta JKN maka iuran yang dibayarkan adalah iuran 12 bulan ditambah 1 bulan berjalan,” jawab Shely. Sebagai penutup acara diadakan foto bersama peserta kegiatan dan BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi.(SyAh)

Post a Comment