Total Viewers

Home » » Universitas Medan Area Komitmen Meningkatkan Sumber Daya Manusia Di Sumatera Utara

Universitas Medan Area Komitmen Meningkatkan Sumber Daya Manusia Di Sumatera Utara

Written By Faktaonlline.net on Monday, June 24, 2019 | Monday, June 24, 2019


Medan, Faktaonline.Net - Universitas Medan Area (UMA) lakukan wisuda para mahasiswa yang telah menyelesaikan program studi strata 1 (S1) dan strata 2 (S2) di kampus. Kegiatan wisuda berlangsung di kampus utama UMA, jalan Kolam , Medan Estate Kec Percut Seituan Deliserdang , Sabtu (22/6/2019). Para wisudawan yang di wisuda berasal dari 20 program studi. Jumlah wisudawan yang di wisuda sebanyak 656 orang. Terdiri dari 474 orang lulusan program S1 dan 182 orang lulusan S2 atau program mgister. Para wisudawan yang di wisuda berasal dari tujuh Fakultas yakni Fakultas Teknik, Pertanian, Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Ilmu Sosial Politik, Psikologi, Biologi dan Pasca sarjana.

Dalam sambutannya di acara wisuda, Rektor UMA Prof Dr Dadan Ramdan, MEng, MSc menjelaskan proses pendidikan di lingkungan UMA dirancang melalui kurikulum pendidikan tinggi yang mengacu pada kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI) dan standar nasional pendidikan tinggi (SN-DIKTI). "Setiap mahasiswa dirancang untuk memenuhi standar minimal yang dapat menyelesaikan studinya tepat waktu selama delapan semester atau empat tahun dengan IPK minimal 3,20 untuk program sarjana dan dua tahun dengan IPK minimal 3,50 untuk program magister. Setiap mahasiswa harus mengikuti kegatan akademik yang terstruktur untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan yang meliputi sikap, keterampilan umum dan khusus serta pengetahuan yang sesuai dengan program studi yang dipilihnya" katanya..
Hal ini dilakukan untuk menjamin setiap lulusan mampu bekerja dan berkarya dengan ilmu yang dimilikinya.

Lebih lanjut Dadan Ramdan menyatakan proses pendidikan yang bermutu dapat dilaksanakan oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan handal. Saat ini kegiatan akedemik dilaksanakan oleh 451 dosen dan dibantu 293 orang tenaga kependidikan yang telah memenuhi kualifikasi standar yang telah ditetapkan pemerintah. Tiga puluh persen dosen telah memiliki kualifikasi Doktor dengan tujuh orang guru besar. Saat ini, 36 dosen sedang melanjutkan program Doktor di berbagai perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri. Selain itu, tenaga kependidikan yang tersertifikasi seperti pustakawan, laboran dan teknisi yang siap untuk meningkatkan kualitas pelayanan akademik kepada seluruh mahasiswa.

Di era digitalisasi, papar Dadan Ramdan, UMA memandang bahwa akses masyarakat terhadap informasi dan layanan akademik yang mudah, cepat, efektif dan efisien adalah hal harus menjadi prioritas dan penting. Oleh karena itu, UMA telah meningkatkan kualitas layanan sistem informasi melalui aplikasi akademik UMA berbasis android dan IOS selain academic online campus (AOC) yang terintegrasi dan website uma.ac.id. Sistem akademik UMA membantu mahasiswa dan orangtua dalam memantau perkembangan akademik mahasiswa selama belajar. Pembayaran uang kuliah dapat dilakukan melalui sistem e-banking yang bekerjasama dengan Bank Mandiri dan BNI untuk dapat memenuhi tuntutan efektivitas dan efisiensi seluruh civitas akademika UMA. "UMA sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi swasta terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan yang dimilikinya agar mampu bersaing dan beradaptasi di era ekonomi digital saat ini. UMA dengan kiprah karyanya saat ini telah mencapai usia 36 tahun,"paparnya lagi

Dadan mengatakan UMA telah menunjukkan kepada masyarakat bahwa UMA memiliki komitmen yang besar dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara.Sikap dan komitmen ini telah mendapat apresiasi yang besar dari pemerintah, masyarakat nasional dan internasional.UMA adalah PTS yang mendapatkan penghargaan sebagai PTS sehat dari Lembaga Layanan Pendidkan Tinggi Wilayah - I dan dalam tiga besar dari 263 PTS se-Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah - I. "Sejak 2015 UMA telah meraih peringkat B untuk Akreditasi Perguruan Tinggi dan saat ini sedang mempersiapkan reakreditasi dengan target peringkat A (unggul). Selain itu, UMA telah memiliki tiga program studi (prodi) yang berakreditasi peringkat A (unggul) yaitu prodi manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, prodi agrobisnis di Fakultas Pertanian dan prodi Ilmu Administrasi Negara/ Administrasi Publik di Fisipol dan seluruh prodi lainnya baik program sarjana maupun magister memperoleh Akreditasi peringkat B (baik sekali),"demikian ungkap Rektor UMA itu.

Dikatakan Dadan, UMA juga diakui sebagai salah satu perguruan tinggi yang mendapatkan apresiasi Green Metric versi Universitas Indonesia (UI)di peringkat tujuh tingkat nasional naik dua peringkat dari tahun sebelumnya dan satu-satunya PTS di pulau Sumatera. UI Green Metric merupakan pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi yang menilai Universitas berdasarkan komitmen dan tindakan Universitas terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan. Ketua Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim Drs M Erwin Siregar, MBA mengatakan UMA yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim, didirikan oleh Alm Haji Agus Salim Siregar, merupakan penyelenggara dan mitra kerja UMA, yang selalu mendukung program kerja Universitas dan Fakultas dalam melaksanakan percepatan peningkatan mutu. UMA memiliki komitmen yang kuat dalam mewujudkan institusi pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional.

Hadir di acara wisuda, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah - I Sumatera Utara Prof Dr Dian Armanto, Bupati Kabupaten Batubara Ir H Zahir, MAP, pimpinan Perguruan Tinggi Swasta, instansi pemerintah dan swasta, pejabat sipil dan militer, Kepala Sekolah SMK, SMA dan MAN di Kota Medan dan Kabupten Deli Serdang, anggota senat, Wakil Rektor, pimpinan Fakultas, para guru besar dan segenap civitas akademika UMA.  (fajarudin batubara)

Post a Comment