Home » » BPJS Kesehatan Pastikan Peserta Menerima Kartu JKN-KIS

BPJS Kesehatan Pastikan Peserta Menerima Kartu JKN-KIS

Written By Faktaonlline.net on Monday, July 29, 2019 | Monday, July 29, 2019


Lampung Utara | Faktaonline.net - BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi senantiasa berupaya memastikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) telah terdistribusi secara cepat dan tepat ditangan Peserta JKN-KIS yang berhak menerimanya, salah satunya dengan melakukan spotcheck. Kegiatan ini juga sekaligus untuk memastikan Peserta paham akan hak dan kewajibannya dalam mengikuti Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, Senin (29/7/2019).

Pada kali ini BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi berkesempatan melakukan kegiatan spotcheck di Desa Blambangan, Jumat (18/07). Terdapat sampling 10 KK yang dilakukan spotcheck oleh pegawai BPJS Kesehatan dan hasilnya 10 KK tersebut telah menerima KIS seluruhnya.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Kantor Cabang Kotabumi Meivy Yanti mengatakan bahwa, kegiatan spotcheck ini bertujuan untuk memastikan apakah KIS PBI-JK yang diperuntukkan bagi peserta baru atau peserta pengganti yang didaftarkan oleh Kementrian Kesehatan terdistribusi kepada orang yang bersangkutan dengan baik dan tepat waktu sesuai dengan perjanjian kerja dengan pihak ke-3, dalam hal ini TKSK Kabupaten Lampung Utara. Untuk KIS PBI-JK ini sendiri iurannya dibayarkan oleh pemerintah pusat menggunakan anggaran APBN.

Hampir semua peserta yang dikunjungi oleh tim merasa senang dengan di cheknya kartu JKN-KIS yang diterimanya karena hal tersebut menunjukkan kepedulian BPJS Kesehatan kepada setiap peserta tanpa melihat jabatan dan golongannya. “Saya senang tim BPJS Kesehatan datang untuk mengecek apakah saya sudah menerima kartu KIS atau belum, jelas itu tandanya BPJS Kesehatan peduli dengan saya, khawatir kalau saya belum menerima kartu nanti saya tidak bisa berobat menggunakan KIS saat sakit. Tidak cuma ngecek saja, saya juga mendapat sosialisasi singkat mengenai Program JKN, bagaimana cara memanfaatkan kartu KIS, bagaimana alur pelayanan kesehatannya, apa saja hak dan kewajiban saya sebagai peserta JKN-KIS dan masih banyak lagi,” ungkap Maryana, salah satu peserta JKN-KIS yang rumahnya dikunjungi oleh tim spotcheck BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kotabumi.

Hal yang sama juga diucapkan oleh Meidianti yang rumahnya juga dikunjungi oleh tim spotcheck BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi. “Wah jelas senang dong ya dikunjungi begini, saya merasa diperhatikan walaupun saya ini rakyat kecil. Petugas spotchek juga banyak memberikan infomasi mengenai alur pelayanan kesehatan di Program JKN-KIS ini supaya kami tidak kebingungan saat akan berobat. Saya berterima kasih sekali kepada tim spotcheck yang sudah jauh-jauh datang kesini, mengecek apakah kami sudah menerima KIS dan juga memberikan penjelasan mengenai Program JKN-KIS. Program JKN-KIS inilah penyelamat keluarga kami,” ujar Meidianti.(ril/Syah)

Post a Comment