Total Viewers

Home » » Dibawah Bimbingan Dinkes , Masyarakat Desa Wonomarto Kotabumi Utara Bentuk Bank Darah

Dibawah Bimbingan Dinkes , Masyarakat Desa Wonomarto Kotabumi Utara Bentuk Bank Darah

Written By Faktaonlline.net on Monday, July 1, 2019 | Monday, July 01, 2019


Lampung Utara | Faktaonline.net - Peduli dengan kesehatan masyarakat, Desa Wonomarto menganggarkan Dana untuk kesehatan masyarakat sebesar Rp 12 juta,Untuk membentuk Bank Darah, dibawah pembinaan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) melalui Puskesmas Madukoro, Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten setempat.
Hal tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Desa untuk kesehatan warganya yaitu dengan Chek kesehatan dan chek golongan darah warga sebagai salah satu program Desa. 

Dikatakan Waskito Yusika selaku kepala desa setempat, tujuan pembentukan Bank Darah yaitu karena ada nya salah satu warganya yang menderita penyakit Thalasemia yang di mana setiap bulan harus melakukan transfusi darah, dikarenakan tubuh penderita tidak dapat menghasilkan sel darah merah. "Alhamdulillah Bank Darah ini sudah terlaksana kemarin, Karena kata Dokter yang menangani Rahel (10), Dusun wonokitri 2, yang berbeda di desa kita ini menderita penyakit Thalasemia, sehingga kami membuat Bank Darah, "kata Waskito saat dijumpai di kediamannya, Minggu (30/06/2019) 

Selain itu, Bank Darah Desa Wonomarto juga melayani seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Lampung Utara ini jika ada masyarakat yang memerlukan. Kami juga bekerja sama dengan PMI kab. Lampung Utara. "Dengan adanya Bank Darah ini pemerintah Desa sudah Mempunyai Data golongan darah. sehingga sangat memudahkan dan sangat membantu Warga penderita Thalasemia yang ada di Desa Wonomarto, maupun yang ada di sekitar Kabupaten Lampung Utara, " terangnya.

Dan saat ini Desa Wonomarto tergabung dalam Komunitas Thalasemia Lampung Utara di Bawah pembinaan Ibu Endah Kartika Prajawati Agung (Istri Bupati Lampung Utara). "Program ini juga di dukung penuh oleh semua elemen masyarakat khususnya team kesehatan desa yang Diketuai oleh Bidan Desa, "tutupnya. (Imam)

Post a Comment