Home » » Ilmu Geologi Ujung Tombak Jurusan Pertambangan ITM Medan

Ilmu Geologi Ujung Tombak Jurusan Pertambangan ITM Medan

Written By Faktaonlline.net on Monday, July 8, 2019 | Monday, July 08, 2019


Mendangaktaonline.net |-  Ilmu geologi adalah ujung tombak dari jurusan pertambangan dan per­mi­nyakan, karena banyak melahirkan pakar di bidang tanah dan batuan yang diakibatkan bencana alam gempa bumi. Tak heran jika program studi geologi terus diminati di pasar kerja dan dunia usaha. Hal itu dikatakan Ketua Program Studi Teknik Geologi Institut Teknologi Medan (ITM)

Dr Said Muzambiq MSi didampingi Sekretaris Prodi Edy Yasa Ardiansyah ST MT kepada wartawan di kampus Jalan Gedung Arca Medan, Rabu (3/7). Prodi Geologi ITM yang dibuka se­jak 1986 sasaran materi pembela­jaran­nya meliputi geologi lingkungan, miti­ga­si bencana alam, mineralisasi, geolo­gi geo-wisata, geologi kuarter, geologi teknik ini berorientasi ke pasar kerja seperti perminyakan dan pertam­bangan.

Buktinya kata Said, lapangan kerja di Pertamina, Dinas ESDM provinsi atau kabupaten/kota, konsultan perusa­haan swasta dan nasional, survei mine­ral dan arkeologi. Sedangkan orien­tasi kerjanya bagaimana melaku­kan peme­taan wilayah-wilayah sumber daya mineral dan bencana alam geologi baik tsunami, gunung api, bencana longsor, banjir. Dia menambahkan, dukungan tenaga pengajar berkualifikasi S3 baik dosen tetap dan dosen luar biasa seperti USU, ITB, UGM, Universiti Kebangsaan Ma­laysia (UKM) Malaysia, dosen LL-Dikti Sumut dan praktisi.

Selain itu juga dukungan kerja sama dengan Dinas ESDM Provsu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dewan Riset Daerah (DRD), Pertamina, konsultan asing dan magang ma­hasiswa ITM di Jakarta serta duk­u­ngan Ikatan Alumni Geologi (IAG-ITM) sebagai kontribusi bagi alma­mater­nya. Lebih lanjut dijelaskan Said, sejak tiga tahun terakhir ini teknik geologi ITM berhasil meraih hibah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) 2016, 2017 dan 2018 dari Kemenristek Dikti yang totalnya berkisar Rp50 miliar.

Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terkait situs-situs geologi di Danau Toba yang dihasilkan maha­siswa dan dosen pada 2016 dan 2017. Riset dan penelitian menca­kup penda­taan situs-situs geologi seba­gai ikon wisata daerah yang melibatkan kelom­pok karang taruna dan kelompok pendidikan dari SMAN 1 dan SMAN 2 Pangururan Toba Samosir. Tahun ini, berbagai penelitian arkeologi di Kabupaten Aceh Tengah, Pro­vinsi Aceh dan penelitian air tanah menggunakan metode geo-listrik di Nias dan Aceh. Kesemua penelitian ini adalah karya inovasi dosen dan mahasiswa teknik geologi ITM. Said menambahkan, keberadan tek­nik geologi saat ini di Indonesia sedang “booming” bisa mengetahui tentang kedahsyatan kegempaan dan juga memprediksi bencana secara ilmiah. Prodi teknik geologi untuk mengha­silkan lulusan yang mempunyai dasar ilmu yang kuat sehingga mampu me­nyesuaikan diri terhadap perkembangan tek­nologi. (Pulr)

Post a Comment