Total Viewers

Home » » Pangdam I/BB : Dansat Dapat Selesaikan Setiap Permasalahan Hukum Yang Terjadi Di Satuannya

Pangdam I/BB : Dansat Dapat Selesaikan Setiap Permasalahan Hukum Yang Terjadi Di Satuannya

Written By Faktaonlline.net on Tuesday, July 16, 2019 | Tuesday, July 16, 2019


Medan, Faktaonline.Net - Komandan Satuan (Dansat) dapat menyelesaikan setiap permasalahan hukum yang terjadi di satuannya , Hal ini tercantum dalam amanat Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah pada Acara Pembukaan Mobile Training Team (MTT) penataran hukum sebagai fungsi komando bagi para Dandim/Danyon setingkat, pejabat personel dan intel di jajaran Kodam I/BB Triwulan III TA 2019, pada Senin 15 Juli 2019 di Ruang Manunggal Lt V Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan.

Pada kesempatan tersebut, dalam amanatnya Pangdam I/Bukit Barisan menyampaikan ucapkan selamat datang di Makodam I/BB kepada Ketua Tim Kolonel Chk Aloysius Agung Widi. W, S.H., M.H. beserta rombongan dan para peserta penataran. Kiranya kehadiran dan keberadaan peserta penataran ini memperoleh suatu pendalaman, pemahaman dan pandangan tentang tanggungjawab para Ankum terhadap Pembinaan Hukum di satuannya, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Bahwa penataran hukum sebagai fungsi komando bagi para Dandim/Danyon, pejabat Personel dan Intel di jajaran Kodam I/BB ini dalam rangka transformasi peran TNI AD menuju prajurit profesional, maka upaya tersebut berkaitan erat dengan penerapan hukum dalam tugas-tugas yang diemban oleh satuan-satuan di jajaran Angkatan Darat.
Pimpinan Angkatan Darat memandang perlu adanya peningkatan pemahaman dan kesatuan langkah para Komandan Satuan dapat menyelesaikan setiap permasalahan hukum yang terjadi di satuannya. Penyelesaian permasalahan hukum yang tepat akan berdampak positif bagi pelaksanaan tugas satuan dalam mendukung tugas pokok TNI AD.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan hukum sebagai fungsi komando merupakan tugas dan tanggung jawab setiap Komandan Satuan untuk melakukan pembinaan dan penegakkan hukum di satuannya, sehingga diharapkan melalui penataran ini para Komandan Satuan mampu meningkatkan pengetahuan dalam menjalankan kewenangan hukum yang dimiliki selaku atasan yang berhak menghukum (Ankum).

Kepada para pejabat personel dan intel, harapkan melalui penataran ini akan semakin memahami fungsi staf yang dilaksanakan sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Dengan hal ini sebagaimana ditegaskan dengan tema kali ini “ Melalui penataran hukum sebagai fungsi komando kita tingkatkan kemampuan para Dandim/Danyon setingkat, pejabat personel dan pejabat intel pam dalam mengoptimalkan pembinaan dan penyelesaian permasalahan hukum disatuan”. Penataran hukum sebagai fungsi komando diharapkan menjadi momentum penyelesaian perkara di satuan yang dapat memberikan kepastian dan keadilan hukum, melalui optimalisasi peran Komandan Satuan sebagai atasan yang berhak menghukum, pejabat intel dan personel. Kepada penyelenggara dan penatar harapkan dapat memanfaatkan waktu yang singkat ini dengan sebaik-baiknya. Bekali para Komandan/Ankum, pejabat personel dan intel tentang hal-hal yang berkaitan dengan tanggung jawab mereka terhadap hukum yang merupakan fungsi dari Komandan Satuan. Hadir dalam penataran tersebut Irdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, Kadilmilti I Medan, Kaotmilti I Medan, Kadilmil I-02 Medan, Kaotmil I-02 Medan, para Kabalakdam I/BB dan Kamasmil Medan.(rel)

Post a Comment