Total Viewers

Home » » Biaya Persalinan Ditanggung JKN-KIS , Ferawati dan Keluarga Ucapkan Terimakasih Kepada Pihak RS Mayjend HM Ryacudu Kotabumi

Biaya Persalinan Ditanggung JKN-KIS , Ferawati dan Keluarga Ucapkan Terimakasih Kepada Pihak RS Mayjend HM Ryacudu Kotabumi

Written By Faktaonlline.net on Monday, August 26, 2019 | Monday, August 26, 2019


Lampung Utara | Fataonline.Net - Ferawati (37) tersenyum cerah menyambut kedatangan Tim di ruang rawatnya. Kebahagiaan jelas terpancar di raut wajah Ferawati karena kemarin ia baru melahirkan putri ketiganya dengan selamat melalui operasi caecar di RSUD Mayjend. HM. Ryacudu Kotabumi Lampung Utara.

Kepada Tim Jamkesnews, Ferawati membagikan pengalamannya ketika melahirkan dengan menggunakan kartu JKN-KIS, Senin (26/08/2019). “Saya sudah memiliki tiga orang anak dan saat melahirkan selalu menggunakan kartu JKN-KIS, anak pertama saya lahir melalui persalinan caecar, anak kedua secara persalinan normal dan anak ketiga ini kembali lagi lahir melalui persalinan caecar. " Bayangkan berapa biaya yang harus saya keluarkan jika tidak memiliki kartu JKN-KIS, "ujar Ferawati.

Diketahui, Ferawati yang sehari-harinya berprofesi sebagai PNS ini menceritakan awalnya ia berencana melahirkan melalui persalinan normal namun menjelang persalinan ia diketahui mengidap tekanan darah tinggi sehingga melahirkan secara normal akan beresiko bagi keselamatan ia dan bayinya.

Lanjut Ferawati, Selama ini saya tidak memiliki tekanan darah tinggi, setiap cek kandungan pun semuanya dinyatakan dalam keadaan baik dan sangat memungkinkan untuk melahirkan secara normal. Namun saat cek kandungan terakhir ternyata tekanan darah saya meningkat, kondisi ini sangat membahayakan nyawa saya dan bayi. Oleh faskes tingkat pertama saya dirujuk ke RSUD Mayjend HM. Ryacudu untuk pemeriksaan lebih lanjut, lalu esok harinya saya langsung menjalani operasi caecar. " Saya bersyukur proses administrasi hingga operasi saya berjalan lancar tanpa kendala yang berarti, " terangnya. 

Ferawati mengungkapkan selama ini program JKN-KIS telah banyak membantu keluarganya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. “Selama ini saya dan keluarga selalu menggunakan kartu JKN-KIS saat berobat, prosedurnya tidak rumit kok, tapi memang kita harus mengetahui info terbaru program JKN-KIS agar tidak ketinggalan informasi dan jadi salah paham. Tapi di era digital sekarang mah udah gampang ya nyari informasi mengenai program JKN-KIS baik melalui media cetak maupun elektronik, yang penting kita tidak malas membaca saja."Kalau kita sudah paham mengenai alur program JKN-KIS saya rasa pasti tidak akan ada yang mengatakan prosedur program ini membingungkan,” katanya.

Sebagai penutup Ferawati berpesan kepada masyarakat untuk terus update informasi program JKN-KIS demi terciptanya alur pelayanan kesehatan yang kondusif. “Masih banyak masyarakat yang kurang terinformasi mengenai hak dan kewajibannya sebagai peserta program JKN-KIS akibatnya banyak yang merasa prosedur program ini ribet dan membingungkan. Padahal informasi yang kita butuhkan sudah tersedia lho, tinggal kita saja yang mau membacanya atau tidak.

Ferawati dan keluarganya juga mengucapkan terima kasih kepada RSUD Mayjend. HM. Ryacudu yang telah memberikan pelayanan kesehatan yang baik, dokter dan perawatnya pun sangat kompeten dan ramah. Saya merasa nyaman melahirkan di rumah sakit ini. Terakhir saya mengucapkan terima kasih kepada program JKN-KIS yang telah meringankan perekonomian keluarga saya. "Berkat program JKN-KIS saya tidak merasa was-was lagi jika ada keluarga yang jatuh sakit. Terima kasih JKN-KIS”, tutup Ferawati. (ril/Syah)

Post a Comment