Total Viewers

Home » » Kades Cinta Damai Salurkan 126 Kartu Indonesia Sehat Kepada Warga

Kades Cinta Damai Salurkan 126 Kartu Indonesia Sehat Kepada Warga

Written By Faktaonlline.net on Wednesday, August 14, 2019 | Wednesday, August 14, 2019

Percut Seituan,Faktaonline.net - Kepala Desa Cinta Damai Kec. Percut Seituan Kab.Deliserdang Josta Josevina br Tambunan menyalurkan 126 Kartu Indonesia Sehat (KIS) terbaru kepada puluhan masyarakat secara bertahap, dikantornya, Rabu (14/8) pagi.

Kepala dusun (Kadus) II Robinson Manulang dan Kadus III Maringan Manjuntak serta Plt Sekdes Cinta Damai Suminem yang turut hadir diacara pembagian Kartu KIS baru tersebut juga dilibatkan menyalurkannya langsung kepada masyarakat.

Kepala Desa Cinta Damai Josta Josevina br Tambunan mengatakan 126 Kartu KIS tersebut sudah sangat mendesak karena selama ini sudah banyak masyarakatnya yang berobat melalui kartu BPJS banyak yang tergendala dan tertunda. Karena menurutnya, BPJS itu harus dibayar secara global setiap bulannya, " Misalnya saja dalam satu keluarga ada 6 orang dan ke 6 orang itu harus dibayar semuanya sedangkan masyarakat kita mayoritas terdiri dari warga yang kurang mampu" kata Josta.

Lanjut Josta, Jangankan untuk mengurus kartu BPJS untuk kebutuhan sehari hari saja masyarakat kita udah kesulitan, " Kadang kalau terpaksa berobat harus berhutang. Nah itulah yang menjadi gendala jaminan kesehatan selama ini didesa kita”, ungkapnya.

Ditambahkan Josta, Dalam penyaluran kartu KIS yang baru ini, kita harus menarik kartu yang lama, karena kartu yang lama sudah tidak berlaku lagi." Apa lagi pada kartu yang lama sudah sering terjadi permasalahan untuk berobat. Setelah keluar kartu KIS yang baru ini, masyarakat tidak membayar apa apa lagi alias gratis ditanggung oleh pemerintah. Jadi masyarakat sudah menjadi tenang ”, sebutnya.

Sementara bagi warga yang BPJS nya masih aktif dan masih sanggup membayarnya, dipersilahkan untuk melanjutkan, tapi jika BPJS nya sudah tidak aktif lagi karena tidak terbayar maka kita persilahkan untuk mengurus atau mengusulkan kartu KIS baru. “Kita akan memberikan surat pengantar dari desa bahwasanya dia itu harus dilayani untuk berobat karena memang warga yang tidak mampu, mereka cukup membawa surat pengantar dari desa dengan menyertakan KTP dan KK”, ujarnya.

Dijelaskan Josta, Terkait pengurusan kartu KIS baru, warga harus mengurus surat pengantar dari desa, " Dinyatakan  sebagai warga yang tidak mampu dengan menyertakan KTP dan KK selanjutnya diajukan ke Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang" terangnya .

Kepada masyarakat , Josta juga menghimbau agar selalu mengikuti kegiatan kegiatan di desa, seperti gotong royong dan lain sebagainya. Masyarakat juga harus pro aktif dengan kepentingan kesehatan dan pendidikan. Disamping itu kita juga himbau agar masyarakat kita senantiasa menjaga ketertibn dan keamanan serta menjaga lingkungan dari hal hal yang negative, " Sehingga desa Cinta Damai yang kita cintai ini manjadi desa yang tentram, tetap aman dan kondusif." pungkasnya. (FT).

Post a Comment