Total Viewers

Home » » KPU Sumut : Penghitungan Suara Ulang di PPK Dolok Sanggul Berjalan Aman dan Lancar

KPU Sumut : Penghitungan Suara Ulang di PPK Dolok Sanggul Berjalan Aman dan Lancar

Written By Faktaonlline.net on Friday, August 23, 2019 | Friday, August 23, 2019


Medan,Faktaonline.net - Perhitungan Suara Ulang (PSU) yang dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasudutan pasca putusan MK berjalan aman dan lancar.Kelancaran itu terlihat dari tepat waktunya penyelesaian PSU di PPK tersebut,

Plt Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin (poto) mengatakan pelaksanaan PSU di PPK Dolok Sanggul kabapaten Humbang Hasudutan pasca putusan MK terkait dengan PHPU sengketa pemilu 2019 berjalan aman dan lancar. "Alhamdulilah seluruhnya berjalan aman dan lancar.' ujar Herdensi.Rabu (21/8) di Medan usai kembali dari Humbang Hasudutan.

 Ditambahkan Herdensi, Pelaksanaan PSU sejak 19 -21 Agustus,  dimulai dengan mengumpulkan seluruh petugas KPPS dari 160 TPS yang dipimpin PPK Dolok Sanggul melakukan perhitungan suara ulang dengan cara membuka kotak surat suara. Dari 160 itu seluruh plano telah kembali dibaca dan dihitung ulang yang disaksikan KPU Humbang Hasudutan , KPU RI ,KPU Sumut , Bawaslu Sumut , KPU dan Bawaslu Humbang Hasudutan serta para saksi parpol. "Unutk menghitungnya dibuat dua panel dengan membuka DA 1 .' ujar Herdensi.

Usai perhitungaan suara ditingkat PPK Dolok Sanggul akan dilanjutkan dengan perhitungan ditingkat KPU Humbang Hasudutan Rabu (21/80 dengan membuka DB 1 yang juga akan disaksikan Bawaslu , dan saksi parpol. Dari hasil perhitungan ditingkat KPU Humbang Hasudutan selanjutnya dilakukan perhitungan suara ditingkat provinsi yaitu di KPU Sumut dan hasilnya akan dilaporkan pada KPU RI di Jakarta. "Rencananya, besok , Sabtu (24/8) akan kita lakukan perhitungan suara di KPU Sumut.' jelas Herdensi.

Saat ditanyakan dari hasil perhitungan suara di tingkat PPK Dolok Sanggul laporan pemohon dan termohon di MK apakah terbukti. Secara diplomatis Herdensi menjawab proses perhitungan suara saat ini masih berjalan sesuai dengan tahapan.

Sebelumnya, MK pada sidang putusan sengketa PHPU Pemilu 2019 telah memerintahkan KPU Humbang Hasudutan untuk melakukan perhitungan suara ulang terhadap salah satu caleg Partai Gerindra yang diberi waktu selama 14 hari.( Pul )

Post a Comment