Total Viewers

Home » » Pasca Putusan MK , KPU Humbang Hasundutan Lakukan PSU 160 TPS

Pasca Putusan MK , KPU Humbang Hasundutan Lakukan PSU 160 TPS

Written By Faktaonlline.net on Tuesday, August 20, 2019 | Tuesday, August 20, 2019



Medan,Faktaonline.net - Pasca putusan Mahkamah Konstitusi yang memerinthkan Perhitungan Suara Ulang (PSU) di ratusan TPS di Kecamatan Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasudutan, Bawaslu Sumut turut serta mengawasi jalannya PSU tersebut.

Komisioner Bawaslu Sumut , Marwan saat dihubungi ,Senin (19/8) mengatakan Bawaslu Sumut tturut serta didalam mengawasi jalannya PSU terhadap ratusan TPS yang berada di kecamatan Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasutan pasca putusan MK " Ya kami sekarang sedang berada di Dolok Sanggul.' ujar Marwan 

Selain mengawasi jalanya PSU , kehadiran Bawaslu juga ingin memastikan pelaksanaan PSU diratusan TPS berjalan dengan aman dan lancar. Apalagi PSU ini merupakan satu-satunya dari sekian banyak gugatan PHPU yang dikabulkan di MK untuk daerah Sumut ".Untuk itu, Bawaslu telah mengirim dan mengutus Ketua dan anggota Bawaslu Sumut guna melihat dari dekat tentang pelaksaan PSU sekaligus mendampingi Bawaslu Kabupaten Humbang Hasudutan. Disini kami ada enam orang turut mengawasinya ." jelas Marwan.
Menyinggung tentang pelaksanaan PSU, Marwan menjelaskan PSU dimulai pada tanggal 19 -21 Agustus pada pukul 08.00 WIB yang dilaksanakan langsung KPU Humbang Hasudutan bertempat disalah satu lapangan bola yang ada di kecamatan Dolok Sanggul .

Pelaksanaan PSU dilakukan petugas KPPS dan PPK yang telah ditunjuk oleh KPU Humbang Hasudutan guna membuka dan menghitung kembali suara yang ada di kertas Plano C1 seusai dengan perintah MK. "Yang dibuka kertas planonya saja guna dihitung ulang kembali .' pungkas Marwan

Sebelumnya Hari Senin (19/8) rencananya KPU Humbang hasudutan akan megngelar Perhitungan Suara Ulang (PSU) diratusan TPS di kecamatan Dolok Sanggul pasca putusan Mahkamah Konstitusi Jumat (9/8) lalu.

Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin (poto), Sabtu (17/8) di Medan mengatakan KPU Humbang Hasudutan akan segera menggelar PSU pasca dikeluarkan putusan MK ,Jum'at (9/8) kemarin dalam sengketa PHPU pemilu 2019 . "Ya Senin (19/8) akan dilakukan Perhitungan Suara Ulang (PSU) ' jelas Herdensi.

PSU berdasarkan putusan MK akan dilakukan di 160 TPS yang direkomendasikan hasil dari PHPU pemilu 2019 yang memerintahkan KPU Humbang Hasudutan segera menghitung kembali perolehan suara caleg. Pada PSU yang akan dilakukan 19-21 Agustus juga disaksikan langsung anggota KPU RI , KPU Sumut, Bawaslu Sumut Bawaslu Humbang Hasudutan serta para saksi dari parpol yang bersengketa "Kita berharap semuanya dapat berjalan dengan aman dan lancar.' pungkas Hendensi (Pul) -------------

Post a Comment