Total Viewers

Home » » Teknik Sipil ITM Medan Berkompetensi Inovatif dan Bersaing di Pasar Nasional

Teknik Sipil ITM Medan Berkompetensi Inovatif dan Bersaing di Pasar Nasional

Written By Faktaonlline.net on Monday, August 12, 2019 | Monday, August 12, 2019


Medan,Faktaonline.net - Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil & perencanaan Institut Teknologi Medan (ITM) memiliki visi menjadi program studi (Prodi) teknik sipil yang berkualitas, Inovatif dan mampu bersaing di pasar nasional 2025 dan melaksanakan proses pendidikan dengan capaian kelulusan berkualitas.

Hasil suveilen BAN PT untuk Akreditasi Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Medan ,telah berhasil mendapatkan nilai Akreditasi B (NO.399/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/X/2014 / http://ban-pt.kemdiknas.go.id/hasil-pencarian.php). “Kami dari Jurusan teknik sipil mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung persiapan akreditasi tersebut, baik kepada sivitas akademika ITM, yayasan, dosen, teknik sipil , pegawai, mahasiswa maupun alumni,” Jelas Kahumas ITM M ViVahmi SH Msi kepada wartawan di kampus jalan Gedung Arca Medan, Selasa(6/8) lalu.

 ITM terus berupaya melakukan pembenahan jurusan teknik Sipil, di antaranya dengan studi lanjut staf pengajar kejenjang S3 (sedang menempuh pendidikan S3 di dalam dan luar negeri sebanyak 4 orang ), Alumni yang berprestasi menempuh pendidikan S2 untuk calon dosen (ada 2 orang sedang kuliah dan 1 orang sudah selesai S2) untuk kembali mengajar di Teknik sipil ITM Sebab, keikutsertaan dosen pada hibah penelitian dan pengabdian masyarakat yang terus meningkat . pengadaan laboratorium hidrolika, juga sudah mendapat perhatian dari yayasan. Sehingga pada tahun ajaran ini sudah dapat melaksanakan praktikum sendiri di kampus ITM. “Kita berharap Akreditasi jurusan teknik sipil tetap dapat dipertahankan, sehingga kita dapat menghasilkan alumni yang dapat bersaing di bidangnya, “Katanya.

Saat ini jurusan teknik sipil telah memiliki laboratorium ilmu ukur tanah , Laboratorium mekanika tanah , laboratorium struktur dan laboratorium material jalan raya. Dalam rancangan pengembangangnya teknik sipil akan menambahkan laboratorium hidraulika sebagai salah satu kelengkapan laboratorium yang mendukung visi dan misi jurusan. Jurusan Teknik Sipil ITM diharapkan menghasikan lulusan yang mampu menguasai pengetahuan struktur dalam merencanakan dan melaksanakan pekerjaan geoteknik. Lulusannya dapat melaksanakan perencanaan dan pengelolaan sumber daya air dan pantai yang berwawasan lingkungan, pekerjaan sipil seperti gedung , jalan raya , jembatan, lapangan terbang, bangunan air, dermaga dan lainnya.

Untuk mendukung kegiatan mahasiswa melakukan kuliah lapangan meningkatkan pemahaman teori dan aplikasi secara berlangsung dilapangan dan kegiatan kerja praktek mahasiswa di perusahaan Wika Beton pada proyek jalan Tol Medan – Kualanamu. “Selain itu sebagai tempat penelitian bagi mahasiswa yang melakukan tugas air bidang keairan, Tempat penelitian bidang keairan bagi staf pengajar, tempat penelitian bagi mahasiswa pasca sarjana bidang keairan dan tempat penelitian dan pemodelan hidraulik bagi lembaga pemerintah maupun non pemerintah,”tambahnya.

 Sejak berdirinya hingga sekarang jurusan teknik sipil telah menghasilkan lebih dari dua ribuan alumni. Para alumni tersebut telah banyak mendukung jabatan penting di instansi pemerintah, BUMN, Dosen , Staf Ahli Teknik di perbankan dan perkebunan konsultan dan kontraktors.(Pul)

Post a Comment