Total Viewers

Home » » Upaya Jeput Bola , MCS Kanal BPJS Untuk Layani Warga Desa

Upaya Jeput Bola , MCS Kanal BPJS Untuk Layani Warga Desa

Written By Faktaonlline.net on Wednesday, August 21, 2019 | Wednesday, August 21, 2019


Lampung Utara | Faktaonlinr.net. Mobile Customer Service (MCS) merupakan salah satu kanal layanan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan untuk mendekatkan diri kepada Peserta sekaligus meningkatkan pelayanan dengan sistem “jemput bola”. Tak terhitung berapa jumlah Peserta JKN-KIS yang sangat terbantu akan kehadiran kanal layanan MCS ini,

Seperti yang dialami Eko Jatmiko (39) yang telah dibantu mencetak kembali kartu KIS yang telah lama hilang oleh Petugas MCS yang hadir di desanya. Eko adalah Peserta JKN-KIS segmen PBI APBN yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah pusat. Eko yang juga menjabat sebagai ketua RT ini sangat bersemangat begitu menerima kabar BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi akan membuka kanal layanan di tempatnya, yaitu Desa Muara Sungkai, Lampung Utara.

Kepada Tim Jamkesnews,  Eko menceritakan pengalamannya usai menerima layanan operasional oleh Petugas MCS. “Saya datang ke kanal MCS ini untuk meminta tolong dicetakkan kartu KIS saya dan keluarga yang sudah lama hilang. Dari desa ini ke kantor BPJS Kesehatan lumayan jauh jaraknya, kira-kira 1 jam lebih perjalanan. Coba bayangkan kalau mau cetak kartu saja saya harus jauh-jauh ke kantor, kan merepotkan sekali, belum lagi biaya transportasinya,” tutur Eko.

Saat ditanya selain cetak kartu apakah Eko mendapatkan layanan operasional yang lain, Eko menjawab selain cetak kartu ia hanya meminta beberapa informasi saja terkait BPJS Kesehatan. “Biar bagaimanapun saya adalah ketua RT di sini, mau tidak mau saya harus mengetahui informasi terbaru mengenai Program JKN-KIS agar apabila warga saya ada yang bertanya kepada saya maka saya bisa menjawab dengan tepat. " Nah ini kebetulan MCS diadakan di balai pertemuan yang dekat dengan pasar dan puskesmas sehingga banyak sekali warga kami yang datang ke sini, entah baru mau mendaftar sebagai Peserta JKN-KIS, penambahan anggota keluarga atau cetak kartu KIS yang hilang seperti saya ini" katanya.

Yang jelas banyak sekali warga kami yang terbantu atas kehadiran  MCS," kata Eko.
 Eko  sangat bersyukur kanal layanan ini hadir di desanya. Ia berharap kedepannya BPJS Kesehatan akan kembali menghadirkan MCS di desanya untuk membantu warga lain yang belum bisa datang kali ini dikarenakan ada kesibukan atau aktivitas lain. "Saya harap BPJS Kesehatan tak kenal lelah untuk terus berupaya melayani Peserta JKN-KIS khususnya yang berada di desa-desa dan memiliki keterbatasan akses untuk mendapatkan layanan operasional di kantor,” tuturnya

BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi sendiri akan terus membuka kanal layanan MCS di desa-desa lain agar masyarakat terpencil dapat mendapatkan layanan opersional yang memadai selayaknya di kantor cabang. (R/Imam)

Post a Comment