Total Viewers

Home » » FKG Unpri Medan – PT Unilever Indonesia Gelar BKGN

FKG Unpri Medan – PT Unilever Indonesia Gelar BKGN

Written By Faktaonlline.net on Monday, September 23, 2019 | Monday, September 23, 2019


Medan,Faktaonline.Net - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Prima Indonesia (Unpri) Medan bekerjasama dengan PT Unilever Indonesia menggelar Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2019 di kampus FKG, Jalan Pabrik Tenun Medan, pada 19-21 September 2019.

Acara tesebut dibuka Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH,serta dihadiri  Camat Medan Petisah M Agha Novrian Putra SSTP MSP, Kadis Kesehatan Kota Medan dr Edwin Effendi, Pendiri Unpri Dr dr I Nyoman Ehrich Lister MKes AIFM, Ketua BPH Unpri Dr Tommy Leonard SH MKn, Rektor Unpri Dr Chrismis Novalinda Ginting SSiT MKes, Wakil Rektor IV dr Ali Nafiah Nasution MKT, Dekan FKG Unpri Prof Dr drg Monang Panjaitan MS MA, dan para wakil dekan FKG.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dalam sambutannya berharap, peringatan BKGN ini dapat menjadi momentum meningkatkan kesadaran masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan gigi dan mulut sebagai upaya pencegahan terjadinya gangguan masalah kesehatan. “BKGN menjadi sarana dan wadah tepat untuk mengedukasi masyarakat Indonesia khususnya Kota Medan, agar konsisten menjaga sekaligus merawat kebersihan gigi dan mulut. Apalagi BKGN sejalan dengan kebijakan dan fokus pemerintah di bidang kesehatan,” kata wali kota.

Sementara itu, Rektor Unpri Chrismis Novalinda Ginting menuturkan, acara yang mengaangkat tema “Pahlawan Senyum” ini sangat positif dan bermanfaat bagi masyarakat. “Pada peringatan BKGN ini, masyarakat akan dilayani untuk pemeriksaan gigi gratis. Kami harapkan, dalam waktu tiga hari tersebut ribuan pasien yang mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut dapat terlayani,” kata Crismis.

Wakil Dekan I FKG Unpri drg Melissa Sim MKes didampingi Ketua Program Studi S1 Pendidikan Dokter Gigi Dr drg Florenly MHSM, MPH menambahkan, BKGN yang berlangsung selama 3 hari ini diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya penyuluhan, pemeriksaan gigi, perawatan berupa penabalan gigi berlubang dan pencambutan gigi gratis.

Pendiri Unpri I Nyoman Ehrich Lister didampingi Ketua BPH Tommy Leonard mengatakan, persoalan gigi menjadi masalah serius di Indonesia. Sebagaimana diketahui, hampir semua anak di Indonesia mengalami permasalahan kesehatan gigi. “Permasalahan kesehatan gigi ini, tidak hanya pada anak -anak, orang dewasa juga banyak yang mengeluhkan terkait kesehatan gigi, seperti gigi berlubang, sakit gigi, gusi dan sebagainya. Karena itulah, sejak dini anak-anak harus diajarkan bagaimana cara menggosok gigi yang benar,” katanya. dr Nyoman menilai, penyebab munculnya permasalahan gigi ini salah satunya kurangnya kesadaran masyarakat. “Kebiasaan masyarakat yang salah terkait menggosok gigi juga menjadi penyebab utama,” ucap dr Nyoman lagi. (Pul)

Post a Comment