Total Viewers

Home » » Petugas BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi Sosialisasikan Program JKN-KIS di Dinas Kesbangpol Lampung Utara

Petugas BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi Sosialisasikan Program JKN-KIS di Dinas Kesbangpol Lampung Utara

Written By Faktaonlline.net on Friday, September 20, 2019 | Friday, September 20, 2019


Lampung Utara | Faktaonline.net -  BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi terus berupaya untuk mengedukasi masyarakat perihal Program JKN-KIS melalui kegiatan Pemberian Informasi Langsung (PIL), seperti yang dilakukan di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Lampung Utara,Selasa (17/09).

Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan informasi perihal alur pelayanan, hak dan kewajiban Peserta JKN-KIS dan sosialisasi peraturan terbaru ini dihadiri oleh 40 pegawai Kesbangpol yang secara keseluruhan tampak antusias mengikuti jalannya sosialisasi.

Fadly Achmad, Plt. Kepala Dinas Kesbangpol mengatakan dirinya sungguh senang saat mengetahui BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi melaksanakan sosialisasi Program JKN-KIS di kantornya. “Karena kami adalah pegawai maka kami tidak memiliki keleluasaan waktu untuk bisa hadir di acara sosialisasi BPJS Kesehatan yang dilakukan di tempat lain karena rata-rata kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari kerja. Nah kalau sosialisasinya dilaksanakan di kantor seperti ini kan sangat membantu kami dan juga karena pesertanya hanya dari pegawai saja tidak sebanyak sosialisasi yang diselenggarakan secara umum tentu materi yang diberikan akan lebih mudah kami pahami,” tutur Fadly kepada Tim. 

Fadly juga menambahkan bahwa banyak sekali yang didapatkan dari informasi yang diberikan oleh BPJS Kesehatan ini. “Menurut saya sosialisasi seperti ini harus lebih sering dilakukan di berbagai tempat karena ini adalah cara yang sangat efektif untuk menepis info hoax tentang Program JKN yang telah banyak beredar di masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa menanyakan kebenaran info-info hoax tersebut langsung kepada petugas BPJS Kesehatan, nah harapannya mereka akan melanjutkan info yang benar tersebut kepada lingkungan di sekitarnya,” tambahnya.

Saat ditanya mengenai kritik dan saran mengenai Program JKN-KIS Fadly mengaku tidak ada keluhan yang berarti selama dirinya menggunakan KIS saat berobat. “Saya sangat merasakan manfaat program ini karena sudah beberapa kali saya menggunakan KIS ketika berobat. Istri saya juga menggunakan KIS saat melahirkan melalui operasi caesar. Semua ditanggung asal sesuai indikasi medis. Kalau masalah antre ya wajarlah, namanya juga yang sakit kan banyak. Yang penting sesuai prosedur saja maka tentu kita akan dilayani dengan baik,” kata Fadly.

Salah satu pegawai Kesbangpol yang ditemui usai mengikuti sosialisasi Program JKN-KIS mengatakan dirinya merasa lega saat mengetahui info kurang baik perihal program ini ternyata adalah kabar hoax yang dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. “Banyak sekali info tidak baik perihal program ini yang beredar di media sosial, bahkan keluarga saya pun banyak yang percaya dengan info tidak valid tersebut.

Setelah mendapat penjelasan dari petugas saat sesi tanya jawab akhirnya saya jadi tahu bahwa banyak informasi yang saya dengar itu ternyata tidak tepat alias hoax. Intinya Program JKN-KIS akan menanggung semua biaya pengobatan asal sesuai indikasi medis dan tentu kita sebagai Peserta JKN pun dalam berobat harus mengikuti prosedur yang telah ditentukan. Kini adalah tugas saya untuk meneruskan informasi valid ini kepada keluarga dan masyarakat agar tidak termakan berita hoax yang jelas-jelas keliru,” tutupnya. (Imam)

Post a Comment