Total Viewers

Home » » Siswa SMA Negeri 1 Kotabumi Gelar Pemilihan Ketua OSIS Secara Demokrasi

Siswa SMA Negeri 1 Kotabumi Gelar Pemilihan Ketua OSIS Secara Demokrasi

Written By Faktaonlline.net on Friday, October 11, 2019 | Friday, October 11, 2019


Lampung Utara | Faktaonline.net - Dalam rangka menjalankan demokrasi di lingkungan pelajar, Sekolah Menengah Atas Negeri 01 (SMA N 01) Kotabumi Lampung Utara gelar acara pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Periode 2019-2020, Kamis (10/10/2019).

Pemilihan ketua osis, bukan semata untuk mencari popularitas, akan tetapi diharapkan ada pembelajaran yang di dapat oleh seluruh siswa, salah satunya adalah pesta demokrasi yang akan mereka alami ketika mereka sudah memiliki hak pilih pada pemilihan umum yang sebenarnya. Oleh sebab itu, dalam pemilihan ketua Osis ini, kami kemas sedemikian rupa, menyerupai Pemilu pada umumnya.

Meliza, selaku pembina OSIS mengatakan bahwa acara pemilihan ketua OSIS memakai sistem pemilihan secara langsung, dan demokrasi, dengan melibatkan Kepala Sekolah, Dewan Guru, Staff, anggota OSIS, serta seluruh pelajar SMA N 01 Kotabumi. "Alhamdulillah antusias siswa menyukseskan pemilu sangat baik. Terlihat pada kertas suara yang kami sediakan, seluruh siswa yang masuk sekolah pada hari ini memberikan hak pilihnya, termasuk satu siswa yang tidak bisa ke TPS, oleh panitia, diberikan kesempatan memilih di dalam kelas, dengan dibawakan surat suara, bilik dan tinta, tanda ia sudah memilih. Saya ucapkan selamat kepada Ketua OSIS yang baru, semoga kedepannya kalian semua mulai dari ketua hingga anggota bisa saling bekerjasama dalam menjalankan amanah, "kata Meliza.

Ditempat terpisah, Hj. Emirita, S.Pd.Ing., M.M.Pd. Selaku Kepala Sekolah SMA N 01 Kotabumi Mengatakan maksud dan tujuan diadakannya Pemilihan ketua OSIS secara langsung, yang telah terlaksana sejak dua tahun lalu, "Cara memilih Ketua OSIS seperti ini sejak dua tahun lalu, jadi Dengan adanya sistem pemilihan ketua osis dengan menggunakan sistem pemilihan di surat suara ini untuk melatih siswa-siswi dapat belajar berdemokrasi, jadi bila mereka nanti telah selesai dari sekolah ini, mereka sudah terlatih mentalnya untuk memilih calon-calon pemimpin bangsa seperti pemilihan Presiden, Gubernur Bupati, DPR dan lain sebagainya, "kata Emirita di Ruang kerjanya.

Lanjut Emirita, pihaknya juga berharap kepada para calon jika terpilih menjadi ketua OSIS untuk periode 2019-2020, untuk dapat bekerja dengan semaksimal mungkin, "Jadii siapapun yang terpilih menjadi ketua, wakil, sekertaris, maupun bendahara OSIS, bersama para pengurus lainnya bisa menjalankan tugas sesuai dengan tupoksinya sehingga terciptanya pengurus yang amanah, jujur dan adil, "tutupnya.

Disisi lain, Ani siswi SMA setempat mengatakan bahwa dengan adanya pemilihan yang bersifat demokrasi seperti ini, menurutnya dapat menumbuhkan mental para siswa, "Pemilihan ketua OSIS seperti ini menuarut saya bagus untuk pembelajaran, bagi kami yang saat ini belum bisa menggunakan hak suara kami dalam pemilu, "ungkap Ani.(Syah)

Post a Comment