Total Viewers

Home » » BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi Ajak PNS Kabupaten Lampung Utara Pahami Hak Dan Kewajiban Peserta JKN-KIS

BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi Ajak PNS Kabupaten Lampung Utara Pahami Hak Dan Kewajiban Peserta JKN-KIS

Written By Faktaonlline.net on Wednesday, November 27, 2019 | Wednesday, November 27, 2019


Kotabumi,Faktaonline.Net - Guna meningkatkan pemahaman terkait hak dan kewajiban sebagai Peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi melaksanakan kegiatan Pemberian Informasi Langsung (PIL) Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diadakan di Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Lampung Utara, Kamis (21/03).

Dalam kegiatan tersebut Staf Penanganan Pengaduan Peserta di Rumah Sakit BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi, Yeni Eka Firdaus memberikan materi mengenai alur pelayanan kesehatan bagi Peserta JKN-KIS, alur pelayanan kecelakaan lalu lintas bagi Peserta JKN-KIS, pembayaran iuran JKN dan sekaligus sosialisasi aplikasi MobileJKN.

Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi terbaru mengenai Program JKN-KIS dan meluruskan informasi yang tidak tepat melalui diskusi tanya jawab kepada peserta kegiatan.
Para peserta sosialisasi mendengarkan penjelasan Yeni dengan seksama terutama pada materi alur pelayanan kecelakaan lalu lintas karena ternyata masih banyak PNS  yang belum paham siapakah yang akan menjamin jika dirinya mengalami kecelakaan lalu lintas. “Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 pasal 52 ayat 1, pelayanan kesehatan yang tidak dijamin oleh BPJS Kesehatan diantaranya adalah Pelayanan Kesehatan yang dijamin oleh Program Jaminan kecelakaan kerja terhadap penyakit atau cedera Akibat Kecelakaan Kerja atau Hubungan Kerja, dalam hal ini ASN dijamin oleh PT  Taspen. Kecelakaan Lalu Lintas yang bukan kecelakaan kerja dijamin sampai nilai yang ditanggung oleh Program Jaminan Kecelakaan Lalu Lintas yaitu PT Jasa Raharja (Persero)”, ujar Yeni.

Yeni juga memberikan contoh kasus jika terjadi kecelakaan pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) ketika sedang bekerja baik itu kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, merupakan ranah Taspen dalam melakukan penjaminan. Lain pula halnya jika di luar jam kerja, jika terjadi kecelakaan ganda maka penjamin pertama adalah PT Jasa Raharja dan jika terjadi kecelakaan tunggal penjamin pertama adalah BPJS Kesehatan. Baik kecelakaan ganda atau tunggal memerlukan Laporan Polisi sebagai salah satu dasar kelengkapan administrasi penjaminan.

Peserta sosialisasi juga sangat antusias mendengarkan penjelasan Yeni mengenai aplikasi Mobile JKN karena terdapat 5 kemudahan dalam aplikasi tersebut yang tentunya akan berguna bagi Peserta JKN-KIS, yaitu dapat mendaftar dan mengubah data kepesertaan, mengetahui informasi data Peserta dan keluarga, mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, adanya KIS digital serta bisa menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS. 

Desi, salah satu peserta sosialisasi dengan semangat menunjukkan KIS Digital miliknya yang terdapat di dalam aplikasi Mobile JKN yang baru saja ia download kepada tim Jamkesnews. “Canggih sekali ya aplikasi Mobile JKN ini, fitur-fiturnya sangat memudahkan Peserta seperti saya jadi bisa mengganti faskes sendiri tanpa harus antri ke kantor BPJS Kesehatan yang sangat memakan waktu dan tenaga. Setelah ini saya akan mempromosikan aplikasi Mobile JKN ke saudara dan tetangga-tetangga saya agar mereka juga ikut mendownload dan menggunakan aplikasi keren ini”, tutur Desi sembari tersenyum. (Sy)

Post a Comment