Total Viewers

Home » » BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi Lakukan Kolaborasi Dengan Biolab Indonesia Gelar Pemeriksaan Penyandang Penyakit Kronis

BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi Lakukan Kolaborasi Dengan Biolab Indonesia Gelar Pemeriksaan Penyandang Penyakit Kronis

Written By Faktaonlline.net on Wednesday, November 27, 2019 | Wednesday, November 27, 2019


Kotabumi,Faktaonline.Net - Dalam rangka pemantauan pelaksanaan kegiatan prolanis di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang secara rutin dilaksanakan dalam 6 bulan sekali, BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi bersama Laboratorium Klinik Pramitra Biolab Indonesia melakukan kunjungan ke 8 Puskesmas yang berada di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung guna melakukan pengecekan tekanan darah dan juga pengambilan sample darah dan urin, Senin (18/03).

Kegiatan yang bertujuan untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke FKTP memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit ini dilaksanakan di Puskesmas Krui, Puskesmas Pugung Tampak, Puskesmas Lemong, Puskesmas Biha, Puskesmas Ngambur, Puskesmas Bengkunat, Puskesmas Bengkunat Belimbing dan Puskesmas Karya Penggawa. Total peserta yang hadir adalah sebanyak 270 orang dengan rincian 79 peserta penderita penyakit DM Tipe 2 dan 191 peserta penderita penyakit Hipertensi.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi, Yeni Andriani menyebutkan bahwa saat ini terdapat peningkatan kebutuhan pelayanan promotif dan preventif di masyarakat. ”Peningkatan aging population akan berdampak pada meningkatnya risiko penyakit kronis.

Lanjut Yeni, Disinilah peran aktif FKTP dalam menggiatkan kegiatan prolanis sangat dibutuhkan demi mengurangi risiko terjadinya komplikasi penyakit yang diderita oleh Peserta penderita penyakit kronis sekaligus mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien,”ujarnya.

Fitri Lestari, salah satu koordinator prolanis di Puskesmas Lemong mengatakan kegiatan ini selalu ditunggu-tunggu oleh peserta prolanis karena manfaatnya sangat terasa. “Di sini terdapat 38 peserta prolanis yang sangat antusias menantikan kegiatan ini dilaksanakan setiap bulannya. Semangat peserta prolanis untuk hidup lebih sehat sangat saya akui. Dan terbukti, dengan pemeriksaan dan edukasi rutin kesehatan peserta prolanis yang menderita DM tipe 2 dan hipertensi menjadi lebih stabil,” kata Fitri.

Salah satu peserta prolanis Puskesmas Lemong, Ayu Kartini (70) mengakui tekanan darahnya menjadi lebih terkontrol setelah rutin mengikuti kegiatan ini. “Saya mengidap hipertensi sudah lama. Dulu saya selalu sakit kepala setiap hari, untuk bernafas juga sesak rasanya. Tapi setelah saya menjadi peserta kegiatan prolanis ini tekanan darah saya menjadi terkontrol, obat yang diberikan juga cocok untuk saya. Saya jadi tidur lebih nyenyak, saya juga jarang pusing sekarang,” ujarnya.

Senada dengan Ayu, Kotmani (55) peserta prolanis Puskesmas Pugung, Tampak merasa kegiatan prolanis sangat bermanfaat untuk dirinya. “Saya memang tidak rutin ikut kegiatan ini karena kesibukan saya sebagai petani. Tapi jika ada waktu luang pasti saya akan menyempatkan diri datang untuk memeriksakan tekanan darah. Saya dulu selalu merasa sakit di kepala dan kaki, tapi setelah mendapat obat dan mengikuti anjuran yang diberikan saat penyuluhan prolanis alhamdulillah tekanan darah saya lebih stabil sekarang. Sakit di kepala dan kaki juga jarang kambuh. Saya bersyukur ada program ini,” tuturnya (Sy)

Post a Comment