Total Viewers

Home » » Melalui Pelayanan MCS , Peserta JKN-KIS Dapat Mengetahui Seluruh Program BPJS Kesehatan

Melalui Pelayanan MCS , Peserta JKN-KIS Dapat Mengetahui Seluruh Program BPJS Kesehatan

Written By Faktaonlline.net on Tuesday, November 26, 2019 | Tuesday, November 26, 2019


Kotabumi,Faktaonline.Net - BPJS Kesehatan sebagai badan hukum publik yang mengelola Program JKN-KIS terus berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat peserta JKN-KIS.

Hal tersebut merupakan salah satu yang menjadi misi BPJS kesehatan di tahun 2019 yaitu memberikan layanan terbaik serta memperluas kepesertaan program JKN-KIS. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kepuasan peserta akan Program JKN-KIS, salah satunya dengan membuka kanal layanan Mobile Customer Service (MCS).

MCS merupakan salah satu kanal layanan berupa kendaraan roda empat yang dilengkapi dengan infrastruktur pendukung operasional layanan peserta. Kali ini BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi berkesempatan mengunjungi Kelurahan Kotabumi Ilir Lampung Utara, dimana MCS dilaksanakan di rumah ketua RT LK II Komi RT 002, karena alasan kemudahan jangkauan warga, Selasa (26/11).

Staf Administrasi Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi, Fajar Oktaryan mengungkapkan, bahwa antusiasme warga pada layanan MCS ini lumayan tinggi. “MCS ini adalah upaya untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada peserta BPJS Kesehatan dengan menggunakan konsep “jemput bola”. Warga antusias jika MCS dilaksanakan di daerah tempat tinggalnya karena mereka tidak perlu jauh-jauh datang ke Kantor BPJS Kesehatan dan antre lama untuk mendapatkan pelayanan pendaftaran peserta baru segmen PBPU, perubahan data, cetak kartu dan pembayaran iuran.

Mereka juga bisa mendapatkan informasi mengenai Program JKN-KIS, bahkan mereka bisa melaporkan keluhan langsung kepada petugas MCS. Hal-hal itu yang membuat warga tidak akan melewatkan kesempatan MCS yang hadir di lingkungannya,” ungkap Fajar.

Ketua RT Kotabumi Ilir Iwan Darmawan mengatakan, dirinya merasa senang-senang saja rumahnya dijadikan tempat dilaksanakan MCS karena ingin warganya mendapatkan kemudahan pelayanan dibandingkan harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. “Banyak warga kami yang belum menerima kartu JKN-KIS padahal sudah terdaftar sebagai peserta. Oleh karena itu saya senang sekali MCS hadir di sini agar warga bisa langsung menerima kartu JKN-KIS, mereka juga bisa melakukan perubahan data. Bagi yang membawa smartphone juga langsung dipandu oleh petugas untuk men-download aplikasi Mobile JKN. Harapannya layanan MCS ini bisa lebih sering diadakan,” tutur Iwan.

Salah satu peserta JKN-KIS segmen PBPU, Warsidi memberikan kesan-kesannya setelah mengunjungi MCS untuk melakukan pengecekan tunggakan iuran. “Wah saya sih senang sekali ya dengan adanya MCS ini soalnya saya jadi bisa mengecek berapa tagihan iuran saya, kebetulan ponsel saya sedang ada masalah makanya saya tidak bisa download aplikasi Mobile JKN. Sayang sekali sih karena harusnya jika ada aplikasi ini saya jadi tahu berapa tunggakan saya, saya juga bisa melakukan perubahan FKTP sendiri serta bisa menggunakan KIS Digital untuk berobat,” katanya (Sy)

Post a Comment