Total Viewers

Home » » Peserta Prolanis Puskesmas Maduroko Antusias Ikuti Senam Prolanis Dan Cek Kesehatan

Peserta Prolanis Puskesmas Maduroko Antusias Ikuti Senam Prolanis Dan Cek Kesehatan

Written By Faktaonlline.net on Wednesday, November 27, 2019 | Wednesday, November 27, 2019


Kotabumi,Faktaonline.Net - Lebih dari 140 orang gabungan dari peserta Prolanis DPP dr. Siti Hantina Johan dan peserta Prolanis Puskesmas Maduroko mengikuti kegiatan pemantauan pelaksanaan kegiatan prolanis di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang diadakan di Puskesmas Maduroko, Senin (07/04).

Acara yang diadakan secara rutin 6 bulan sekali oleh BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi bersama Laboratorium Klinik Pramitra Biolab Indonesia ini diawali dengan pelaksanaan senam Prolanis, pemberian edukasi tentang panduan hidup sehat, pemeriksaan  tekanan darah dan juga pengambilan sample darah dan urin. Program promotif preventif yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi itu didominasi oleh peserta lanjut usia yang kebanyakan adalah ibu-ibu. Walaupun sudah berusia lanjut para peserta kegiatan Prolanis sangat bersemangat mengikuti setiap kegiatan yang telah dijadwalkan karena mereka sudah merasakan sendiri manfaatnya yang luar biasa.

Salah satu peserta Prolanis penderita Diabetes Melitus, Marsoedi (81), mengaku sangat mengapresiasi kegiatan 6 bulan sekali ini dan sangat merasakan manfaat adanya kegiatan Prolanis. “Yang paling terasa bedanya adalah badan saya menjadi lebih sehat dibanding sebelum saya mengikuti kegiatan ini. Saya jarang merasa lemas, lebih bersemangat dan kadar gula darah saya menjadi lebih terkontrol,” ujar Marsoedi.

Kepala Puskesmas Maduruko, Sri Mustika menyampaikan harapannya yaitu, dengan adanya sosialisasi tentang panduan hidup sehat yang diberikan oleh Puskesmas Maduroko dapat mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit. “Edukasi yang diberikan oleh Puskesmas Maduroko telah membuka wawasan peserta Prolanis mengenai pentingnya hidup sehat sekaligus meningkatkan pengetahuan kesehatan dalam upaya memulihkan penyakit dan mencegah timbulnya kembali penyakit serta meningkatkan status kesehatan bagi peserta Prolanis,” tutur Sri.

Aktifitas dalam Prolanis meliputi aktifitas konsultasi medis/edukasi, Home Visit, Reminder, aktifitas klub dan pemantauan status kesehatan. BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi terus berupaya  agar semua penderita penyakit kronis darah tinggi dan diabetes di area kerja BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi yakni mencakup Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat dan Pesisir Barat dapat terjangkau Prolanis, agar mereka dapat mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien. (Sy)

Post a Comment