Total Viewers

Home » » Wabup Deliserdang Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Serta Tabur Bunga di Makam Pahlawan

Wabup Deliserdang Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Serta Tabur Bunga di Makam Pahlawan

Written By Faktaonlline.net on Monday, November 11, 2019 | Monday, November 11, 2019


Medan,Faktaonline.Net - Wakil Bupati Deli Serdang pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2019 di Lapangan Alun-alun Pemkab, Minggu (10/11/2019), dengan Tema "Aku Pahlawan Masa Kini", berlangsung dengan khidmat.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Arh Liston Bannedy Situmeang, Pembaca UUD 1945 Muhammad Chairul Zein dan pada upacara itu dibacakan pula pesan-pesan Pahlawan oleh anggota LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) Kab Deli Serdang.

Upacara yang rutin digelar setiap tahunnya untuk mengenang jasa para Pahlawan yang telah berjasa untuk Negara ini dihadiri Pimpinan dan Anggota DPRD, Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin, Kajari Deli Serdang Harli Siregar SH,MH, Danyon 121/MK Letkol Inf Wisnu Joko Saputro , mewakili Kapolres Deli Serdang, bersama Pimpinan OPD, para Veteran, Ketua OKP, PKK dan para Tokoh Agama, Adat dan Masyarakat.

Wabup HM Ali Yusuf Siregar pada kesempatan itu menyampaikan sambutan Menteri Sosial RI Juliari P Batubara. setiap hari pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 november 1945 di surabaya, sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan indonesia. pada pertempuran tersebut, rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah, melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di indonesia.ujarnya. 

Peristiwa perang mengingatkan kita, bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini, tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut,hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga negara indonesia.

Peringatan Hari Pahlawan, diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang the founding fathers kita bung karno yang menyatakan bahwa “ hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, dapat menjadi bangsa yang besar ”. selain itu, peringatan hari pahlawan, kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak - anak bangsauntuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan tahun 2019 “ aku pahlawan masa kini ”. Oleh karenanya, jangan biarkan keutuhan nkri yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata, menjadi sia - sia. Jangan biarkan tangan – tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab, merusak persatuan dan kesatuan bangsa. jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. “Mari kita maknai hari pahlawan ini, dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju indonesia maju”. 

Selanjutnya, dengan menjadikan diri kita sebagai pahlawan masa kini, maka, permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini, dapat teratasi. untuk itu, marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan, agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat indonesia.

Usai upacara, Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar bersama Pimpinan dan Anggota DPRD, beserta unsur FKPD, para Veteran, Ketua OKP, PKK dan para Tokoh Agama, Adat dan Masyarakat menuju ke Taman Makam Pahlawan di Jalan Imam Bonjol Lubuk Pakam untuk melaksanakan rangkaian kegiatan upacara ziarah makam. Rangkaian kegiatan ditutup dengan melaksanakan tabur bunga di Makam Pahlawan. (DS01 )

Post a Comment