Total Viewers

Home » » Windri Lega Pemerintah Perhatikan Rakyat Kecil Melaui Program JKN-KIS.

Windri Lega Pemerintah Perhatikan Rakyat Kecil Melaui Program JKN-KIS.

Written By Faktaonlline.net on Monday, November 18, 2019 | Monday, November 18, 2019


Lampung, Faktaonline.Net  - Windri (29) sangat terharu saat mengetahui dirinya beserta keluarga telah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah pusat. Raut tak percaya nampak diwajahnya saat menerima kartu KIS miliknya. “Saya ini orang enggak punya. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saja sudah sulit sekali,” ucap Windri dengan suara bergetar.

Ibu rumah tangga ini mengaku sangat bersyukur akhirnya memiliki KIS yang dapat dipergunakannya untuk berobat ke fasilitas kesehatan. “Kemarin saya selalu deg-degan kalau sakit karena khawatir tidak bisa membayar biaya pengobatannya. Kalau saya yang sakit sih rasanya masih bisa saya tahan-tahan, tapi kalau sampai keluarga saya yang sakit bagaimana? Jadi begitu menerima KIS ini hati saya lega sekali,” ungkap Windi.

Kepada Tim Windri bercerita bahwa sebagai warga yang kurang mampu dirinya sempat mengira tidak diperhatikan oleh pemerintah, “Soalnya teman-teman saya ada yang sudah duluan menerima KIS, kok saya belum? Saya pikir pemerintah sudah berlaku tidak adil tapi ternyata tidak demikian. Ternyata proses pendataan masyarakat yang benar-benar memenuhi kriteria kurang mampu itu perlu proses, belum lagi ada proses pendaftaran peserta dan distribusi kartu KIS. Walaupun KIS ini sampai ke tangan warga berbeda-beda waktunya tapi tetap saja ini menjadi bukti bahwa pemerintah benar-benar memperhatikan rakyat kecil,” sebutnya sambil tersenyum.

Windri juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah menjamin kesehatan keluarganya. Kini ia merasa jauh lebih tenang dalam beraktifitas karena 1 masalahnya yaitu kesulitan membayar biaya berobat telah teratasi dengan mengantongi KIS. “Semoga Program JKN-KIS selalu ada untuk membantu masyarakat terutama yang kurang mampu seperti saya. Bagi saya JKN-KIS ini adalah hadiah dari negara untuk keluarga saya. Terima kasih JKN-KIS,” ujarnya.

Perlu diketahui, Untuk memastikan kartu KIS telah terdistribusi dengan baik dan tepat sasaran, BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi selalu melakukan spot check distribusi KIS dengan mengunjungi rumah-rumah masyarakat yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen PBI APBN. Kegiatan ini juga biasanya disertai dengan sosialisasi singkat mengenai hak dan kewajiban peserta JKN-KIS dan alur pelayanan kesehatan dalam Program JKN-KIS. (Sy)

Post a Comment