Total Viewers

Home » » 18 Anggota Panwascam Se-Kota Tanjungbalai Dilantik , Syahrial Minta Panwas Harus Netral, Tegas, Dan Tidak Diskriminatif

18 Anggota Panwascam Se-Kota Tanjungbalai Dilantik , Syahrial Minta Panwas Harus Netral, Tegas, Dan Tidak Diskriminatif

Written By Faktaonlline.net on Monday, December 23, 2019 | Monday, December 23, 2019


Tanjungbalai, Faktaonline.Net - Bilamana ada ditemukan dugaan pelanggaran pada tahapan Pilkada Tahun 2020 mendatang, seluruh anggota Panitia Pengawas Kecamatan (panwascam) se -kota Tanjungbalai, dalam melaksanakan tugas, harus bersikap netral, jangan bersikap diskriminatif, harus tegas di dalam penanganan masalah, serta dapat membangun komunikasi antar lembaga dan lebih mementingkan pencegahan daripada penindakan.

Hal tersebut diutarakan Wali kota Tanjungbalai HM Syahrial, SH, MH, saat menghadiri dan menyampaikan kata sambutan dalam pelantikan anggota Panitia Pengawas Kecamatan (panwascam) se -kota Tanjungbalai, di Grand Singgie Hotel, Jalan HOS Cokroaminoto kota Tanjungbalai, Senin (23/12).

Pelantikan dan pengambilan sumpah anggota panwascam dipimpin langsung oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tanjungbalai Dedy Hendrawan, SH, MH serta dibimbing Rohaniawan dari Kementerian Agama Kota Tanjungbalai. 

Pelantikan yang dilaksanakan Bawaslu Kota Tanjungbalai, dalam rangka pemilihan Wali kota dan Wakil Wali kota Tanjungbalai tahun 2020, dihadiri Wali kota Tanjungbalai HM Syahrial, SH, MH, Ketua Bawaslu Kota Tanjungbalai Dedy Hendrawan, SH, MH beserta jajaran, Forkopimda Tanjungbalai, Para Camat, Ormas dan undangan lainnya. 

Dikatakan HM Syahrial SH, MH, Panwas adalah lembaga yang dibentuk dalam rangka pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh para calon kepala daerah dan partai pendukung melalui tim suksesnya yang ikut serta dalam pilkada.

Sebagai partner kerja KPU, Lanjut Syahrial, Panwas diharapkan senantiasa berkoordinasi agar permasalahan yang ditemukan di lapangan bisa dipahami oleh semua pihak secara benar dan objektif dan tidak saling berprasangka buruk.

Syahrial berpesan, kepada seluruh jajaran Panwas untuk mempelajari dan memahami peraturan-peraturan yang digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas, karena keputusan salah terjadi apabila ketentuan peraturan perundangan tidak sama dengan pelaksanaan di lapangan, "Untuk itu perlu melaksanakan sosialisasi secara intensif kepada seluruh anggota Panwas Kecamatan agar dicapai pemahaman yang sama" katanya
"Selamat atas pelantikan Panwaslu se-Kecamatan Tanjungbalai semoga dapat melaksanakan tugas mengemban amanah masyarakat kota Tanjungbalai," ujarnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Kota Tanjungbalai, Dedy Hendrawan, SH, MH mengatakan, awalnya jumlah pendaftar sebanyak 155 orang, lulus berkas 149 orang, tes CAT 144 orang, terakhir mengikuti wawancara 137 orang, "Setelah melalui seleksi, sebanyak 18 orang dinyatakan lulus berdasarkan akumulasi nilai tertinggi, sementara setiap kecamatan akan diisi oleh tiga anggota panwas, yang tersebar di enam Kecamatan, Bagi mereka yang dilantik, akan bertugas selama 12 bulan, serta mengikuti pembekalan selama 14 jam atau 2 hari, dari Anggota Bawaslu Kota Tanjungbalai Kota Provinsi Sumatera Utara", terangnya. (SB).

Post a Comment