Total Viewers

Home » » BPJS Kesehatan Tetap Komitmen Jemput Bola Sosialisasikan Program ' PRAKTIS ' Dari Desa Ke Desa

BPJS Kesehatan Tetap Komitmen Jemput Bola Sosialisasikan Program ' PRAKTIS ' Dari Desa Ke Desa

Written By Faktaonlline.net on Thursday, December 19, 2019 | Thursday, December 19, 2019


Kotabumi | Faktaonline.Net - Jamkesnews pelayanan yang terbaik bagi masyarakat khususnya peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kotabumi kembali melaksanakan kegiatan jemput bola Mobile Customer Service (MCS) di Desa Sukadana Ilir Lampung Utara, Rabu, (18/12). 

Kedatangan tim MCS langsung disambut oleh Sunanto, salah satu aparat desa Sukadana, Dengan ramah ia mengucapkan terima kasih atas kesediaan BPJS Kesehatan melakukan kegiatan jemput bola di desanya. “Masyarakat sangat menunggu kedatangan tim BPJS Kesehatan karena banyak yang membutuhkan layanan administrasi. Kalau datang sendiri ke Kantor BPJS Kesehatan lumayan menghabiskan waktu dan ongkos karena perjalanan ke sana memakan waktu 2 jam paling cepat,” ujarnya.

Setelah booth dan perlengkapan lainnya selesai dipersiapkan, petugas MCS langsung memberikan sosialisasi singkat kepada 100 peserta yang hadir perihal kewajiban peserta JKN, hak peserta JKN dalam mendapatkan layanan kesehatan melalui prosedur yang benar dan juga memberikan informasi terkait kemudahan perubahan kelas dalam program PRAKTIS (Perubahan Kelas Tidak Sulit).

Salah satu peserta kegiatan yang ditemui oleh Tim, Sari mengatakan bahwa ia memang sengaja datang ke kegiatan MCS ini untuk melakukan penurunan kelas rawat. “Saya sudah dengar mengenai program PRAKTIS ini dari teman-teman yang desanya sudah lebih dulu didatangi oleh tim BPJS Kesehatan, makanya saya berniat turun kelas biar nggak berat bayar iuran tahun depan,” ujarnya.

Sari mengetahui bahwa program PRAKTIS ini berlaku untuk peserta mandiri dan ada periode khususnya yaitu dari tanggal 09 Desember 2019 s.d. 30 April 2020 dimana selama rentang waktu tersebut peserta mandiri dan keluarga yang berada dalam 1 KK hanya boleh melakukan perubahan kelas 1 kali. “Saya awalnya mengambil kelas 1 tapi turun menjadi kelas 3. Tidak apa-apa kan yang berubah hanya kelas rawatnya saja, yang penting saya dan keluarga tetap terlindungi kesehatannya oleh Program JKN-KIS,” tambahnya.

Selain mengubah kelas rawat seperti Sari, banyak juga masyarakat yang mengubah data diri, mendaftarkan anggota keluarga dan mencetak kartu. Semakin siang masyarakat yang hadir di kantor desa semakin banyak menunjukkan bahwa kehadiran MCS memang tidak akan dilewatkan begitu saja.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Kantor Cabang Kotabumi Lampung Utara, Meivy Yanti mengatakan, Layanan jemput bola ini akan terus dilakukan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan administrasi selayaknya di kantor cabang. “Bahkan kegiatan MCS untuk tahun depan juga sudah dijadwalkan yang akan dilaksanakan di tempat-tempat umum seperti di kantor kelurahan, Puskesmas, di balai desa dan lain sebagainya. Jangan pernah ragu meminta layanan administrasi dari petugas MCS karena layanan ini gratis dan memang ditujukan untuk memberi kemudahan kepada peserta tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor cabang,” katanya. (Syah)

Post a Comment