Total Viewers

Home » » dr Dompak Sitanggang Sosialisasikan Bahaya Penggunaan Narkoba Didesa Cinta Damai Deliserdang

dr Dompak Sitanggang Sosialisasikan Bahaya Penggunaan Narkoba Didesa Cinta Damai Deliserdang

Written By Faktaonlline.net on Tuesday, December 17, 2019 | Tuesday, December 17, 2019


Percut Seituan,Faktaonline.Net - Narkotika dan obat obat terlarang (Narkoba) adalah momok yang sangat menakutkan, bahkan sebagai wujud mesin penghancur moral generasi muda yang menjanjikan kegilaan dan meninggal dunia. Hindarilah sebelum terlambat, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Saat ini narkoba sudah menjelajah keseantero nusantara, korbannya bukan saja orang tua tapi juga para pemuda. Bahkan anak anak SD juga sudah mulai terkontaminasi penyalahgunaan narkoba, ini menjadi tanggungjawab kita bersama menyelamatkan bangsa.

Hal ini dikatakan Kepala Desa Cinta Damai Kec Percut Seituan Kab.Deliserdang, Josta Josevina Br Tambunan dihadapan dr Dompak Sitanggang ahli medis dari Dinas Kesehatan Deli Serdang, saat sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba yang digelar dibalai desa Cinta Damai, Senin (16/17) siang.

Menurut Josta, guna memerangi narkoba pemerintahan desa bersama masyarakat beberapa waktu yang lalu telah menggerebek tersangka Bandar narkoba di Dusun 1 dan diserahkan ke Polisi. “Sampai saat ini masih dipenjara  Peran serta tokoh agama, masyarakat dan tokoh pemuda seperti OKP dan lainnya sangat dibutuhkan. Ditangan para pemuda inilah keselamatan bangsa dipertaruhkan, karena ini bukan saja menjadi tanggungjawab aparat hukum dan pemerintah. Kepada para peserta kita berharap agar menjadi garda terdepan mensosialisasikan didusunya masing masing”, ujar Josta.

Sekitar lima puluhan masyarakat yang terdiri dari tokoh pemuda, tokoh masyarakat, para kaula muda dan kaum bapak bapak turut menjadi peserta dalam penyuluhan anti narkoba dan bahaya narkoba tersebut, mereka tampak antusias mengikutinya.

Kades Josta Josevina juga menyematkan Pin narkoba kepada sejumlah tokoh pemuda yang menjadi peserta. Selain dr.Dompak Sitanggang sebagai narasumber juga hadir Sekretaris desa Suminem, seluruh kepala dusun dan kaur (perangkat) desa, pengurus LKMD dan BPD.

Dalam kesempatan itu, dr.Dompak Sitanggang, ahli medis kesehatan yang bertugas dirumah sakit Deli Serdang menjelaskan secara rinci beberapa jenis narkoba, mulai dari daun ganja, sabu sabu, madat, opium sampai kejenis narkoba terbaru dan lainnya. Juga dampak negative yang sangat mengerikan ditimbulkan para penyalahguna narkoba.

Menurut dr Dompak Sitanggang, narkoba (narkotika dan obat-obatan terlarang) adalah bahan/ zat yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan/ psikologi (pikiran, perasaan dan perilaku) seseorang, serta dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologi. “Narkotika adalah zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang. sangat berbahaya jika dikonsumsi karena beresiko tinggi menimbulkan efek kecanduan.

Selain itu, lanjutnya, pemakai narkoba dalam taraf ketergantungan akan merubah tingkahlaku menjadi pemarah, cepat emosi dan tidak percaya diri yang ujung ujungnya akan mengalami malapetaka bahkan mengakibatkan tindakan criminal pencurian dan pembunuhan. Orang yang sudah menjadi ketergantungan memakai narkoba sampai kapanpun tidak bisa disembuhkan, walaupun para ulama (ustazd) dan para pendeta. Kecuali atas kesadaran sendiri para pemakai yang benar benar berniat meninggalkan narkoba.

Tokoh masyarakat, Luhut Pasaribu yang juga wakil ketua LKMD menegaskan rencana mereka didesa Cinta Damai ini akan membumi hanguskan narkoba, dikatakannya sebagai masyarakat kami sudah setuju akan melakukan rajia maupun penyuluhan yang lebih efektif agar masyarakat lebih mengetahui akan bahayanya narkoba. “Kami juga mengucapkan terimakasih kepada ibuk kepala desa yang mendukung berantas narkoba didesa Cinta Damai, masyarakat juga akan melaksanakan sesuai dengan musyawarah yang telah dianjurkan pemerintah. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada dr Dompak Sitanggang yang menjadi narasumber tersebut”, katanya. ( FT )

Post a Comment