Total Viewers

Home » » Kades Cinta Damai Buka Penyuluhan BKB dan BKR

Kades Cinta Damai Buka Penyuluhan BKB dan BKR

Written By Faktaonlline.net on Thursday, December 19, 2019 | Thursday, December 19, 2019


Percut Seituan, Faktaonline.Net - Kepala Desa Cinta Damai Kec.Percut Seituan Deliserdang, Josta Josevina Br Tambunan p
buka penyuluhan Bina Keluarga Balita (BKB) yang dimulai dari pukul 08.00 sampai puku 10.00 wib dan penyuluhan Bina Keluarga Remaja (BKR) dari pukul 10.30 sampai 12.30 wib, di Balai Desa Cinta Damai, Kamis (19/12).

Pada penyuluhan BKB, Josta menyebutkan hanya pada Air Susu Ibu (ASI) yang banyak mengandung nutrisi, karena itu ibu ibu yang menyusui agar senantiasa memberikan air susunya kepada bayi. Ini juga dapat menunjang kecerdasan sang bayi dan pertumbuhan bayi yang sehat. 

Penyuluhan BKB diikuti sekitar lima puluhan ibu ibu beserta bayinya dan dihadiri seluruh kepala dusun, Sekdes Suminem, pegawai/ kaur desa bersama ibu ibu PKK dengan nara sumber dr.Dompak Sitanggang dari RSU Lubuk Pakam.

Pada kesempatan tersebut dr Dompak Sitanggang menjelaskan secara detail mengenai tumbuh kembangnya sianak dari nol sampai kedepan, dari aspek nutrisi ASI dan pencegahan dari penyakit penyakit berbahaya serta imunisasi dan lainnya pada bayi.

Dompak juga menerangkan mengenai tumbuh kembangnya anak pada usia yang tidak sesuai dengan berat badan dan asupan ASI, cara pemberian dan penyimpanannya serta pada usia usia kapan diberikannya makanan tambahan untuk kebutuhan karbohidrat dan protein. 

Dokter ini juga menjelaskan penyakit penyakit yang menyerang si bayi, bahkan sampai ada yang meninggal, " Hal ini perlu segera diantisipasi pada pertolongan pertama dan dibawa berobat kedokter mengenai kondisi pada sibayi" ujarnya.

Pada seasen kedua dalam penyuluhan pengkaderan Bina Keluarga Remaja (BKR) dr Dompak Sitanggang juga memberikan penyuluhan kepada generasi muda mengenai pergaulan bebas, bahaya narkoba dan penyakit kronis lainnya. Juga mengenai pembentukan pribadi yang baik dengan mengutamakan pendidikan, bahkan mengenai bahayanya kanker payudara dan kanker serviks pada remaja putri sebagai generasi muda, dr Dompak memberikan arahan agar para remaja lebih semangat bekerja dan memiliki pergaulan baik serta lebih bonafit. 

Sebelumnya, Kepala Desa Cinta Damai menyematkan pin kepada kader Bina Keluarga Remaja yang terdiri dari kader inti, Desi Simanjuntak, Renaida Parasian Purba, Lidia Febriana Sitanggang dan Renhart Josua Carlos Manulang serta 6 anggota lainnya.
Pada kesempatan itu, Kepala Desa berpesan para kader yang mengikuti pengakaderan BKR ini agar memberikan penyuluhan kepada para remaja lainnya dilingkungan masing masing, sehingga ilmu atau pengetahuan yang diperoleh ini bermanfaat bagi masyarakat lainnya. (FT)

Post a Comment