Total Viewers

Home » » Meskipun Jauh , Petugas BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi Tetap Layani Warga Sungkai Hulu Lampung Utara

Meskipun Jauh , Petugas BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi Tetap Layani Warga Sungkai Hulu Lampung Utara

Written By Faktaonlline.net on Wednesday, December 18, 2019 | Wednesday, December 18, 2019


Lampung Utara | Faktaonline.Net - Ratusan warga Kecamatan Hulu Sungkai Lampung Utara tampak memadati halaman Puskesmas Gedung Negara dari pagi. Dengan sabar mereka menanti kedatangan petugas BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kotabumi Lampung Utara yang akan melaksanakan layanan jemput bola Mobile Customer Service (MCS) di Puskesmas tersebut, Selasa (17/12).

Kepala Puskesmas Gedung Negara, Iwan mengatakan, antusiasme warga yang hadir saat itu tentu menjadi penyemangat tersendiri bagi petugas MCS. Setelah segala perlengkapan disiapkan, satu persatu warga secara bergiliran mendapatkan pelayanan kepesertaan dari petugas MCS. Ada yang mengubah data diri, mencetak kartu, mendaftarkan anggota keluarga dan lain sebagainya. Staf Puskesmas turut serta memandu warga untuk memastikan kegiatan hari ini berjalan tertib dan lancar. “Warga sengaja datang lebih pagi dari jadwal yang ditentukan saking semangatnya mau mengurus kepesertaannya dalam Program JKN-KIS. Maklum, jarak desa dan kantor BPJS Kesehatan lumayan jauh jadi begitu tahu akan ada MCS di sini mereka antusias sekali. Hingga saat ini kurang lebih sudah ada 130 warga yang hadir,” ujar Iwan. 

Semenjak hadirnya layanan jemput bola MCS, jarak bukanlah lagi menjadi alasan warga tidak bisa mendapatkan layanan administrasi kepesertaan BPJS Kesehatan. Selain mendapatkan layanan administrasi kepesertaan warga juga akan mendapatkan sosialisasi singkat mengenai ketentuan terbaru dari Program JKN-KIS. “Tadi petugas MCS memberikan informasi mengenai PRAKTIS, singkatan dari Perubahan Kelas Tidak Sulit. Begitu tahu saat ini peserta mandiri bisa turun kelas rawat tanpa perlu menunggu berada 1 tahun di kelas yang lama wah nggak pikir panjang saya langsung mengurus perubahan kelas saya sekeluarga,” kata Ina, salah satu warga yang memilih untuk turun ke kelas 3 setelah sebelumnya mengambil ruang rawat di kelas 2.

Ina mengaku rela turun kelas menyusul adanya penyesuaian iuran peserta mandiri yang akan berlaku pada 01 Januari 2020. Hal ini ia lakukan agar tidak merasa terbebani dengan jumlah iuran yang harus ia bayarkan secara rutin setiap bulan. Terhitung tanggal 9 Desember 2019 sampai dengan 30 April 2020 peserta mandiri dan keluarga yang terdaftar dalam 1 KK bisa melakukan perubahan kelas rawat sebanyak 1 kali dan bisa turun kelas dua tingkat langsung dari kelas perawatan yang lama.

Seperti halnya Ina, Anton juga merasa terbantu dengan adanya kemudahan turun kelas dalam program PRAKTIS ini. “Bahkan infonya peserta mandiri yang memiliki tunggakan iuran juga bisa melakukan perubahan kelas perawatan, kan? Cuma kalau mau kartu JKN-KISnya aktif, mereka harus melunasi tunggakannya lebih dahulu. Saya salut dengan berbagai kemudahan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan kepada seluruh peserta JKN-KIS,” tutur Anton.

Salah seorang staf Puskesmas Gedung Negara yang turut mensukseskan kegiatan MCS hari ini, Umar Habib mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesediaan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kotabumi menempuh perjalanan selama 1,5 jam demi menghadirkan MCS di lingkungannya. “Alhamdulillah kebutuhan masyarakat akan pelayanan administrasi kepesertaan BPJS Kesehatan sudah terpenuhi. Kami berharap di masa yang akan datang tim MCS akan kembali hadir di Puskesmas kami ini. Terima kasih BPJS Kesehatan,” ujarnya.(Syah)

Post a Comment