Total Viewers

Home » » Minta Mahasiswa Tingkatkan Kualitas , Wamen Perdagangan Kuliah Umum di UHN Siantar

Minta Mahasiswa Tingkatkan Kualitas , Wamen Perdagangan Kuliah Umum di UHN Siantar

Written By Faktaonlline.net on Thursday, December 12, 2019 | Thursday, December 12, 2019


Pematangsiantar,Faktaonline.Net- Mahasiswa diharapkan agar dapat meningkatkan mutu dan kualitas agar ke depan dapat bersaing untuk menghadapi ekonomi global yang senantiasa mengalami perubahan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan, Dr Jerry Sambuaga saat memberikan kuliah umum di Universitas HKBP Nommensen (UHN) Pematangsiantar.

Menurut Jerry, dunia saat ini sedang mengalami ancaman ekonomi global. Hal ini berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara. Salah satu upaya untuk mengantisipasi gejolak ekonomi ini adalah meningkatkan marketing plan produk lokal untuk diekspor. "Presiden Jokowi memberikan dua hal kepada Kementerian Perdagangan untuk dilakukan. Yakni menjaga neraca perdagangan dan mengendalikan impor secara selektif. Yang dua inilah tugas yang diberi kepada kami untuk menjaga gejolak ekonomi," ujarnya.

Ditambahkannya, Beberapa negara sudah mengalami gejala resesi ekonomi, khususnya yang mengadopsi perdagangan terbuka, "Namun negara kita Indonesia, tidak seperti negara lainnya dan kebebasan perdagangan di negara kita masih dibatasi sehingga tidak kena resesi ekonomi global dan tidak tergantung pada negara lain," sambungnya.

Jerry menyampaikan, salah satu upaya Kementerian Perdagangan untuk menjaga stabilitas ekonomi adalah dengan meningkatkan mutu produk lokal dan merek lokal untuk diekspor. Dengan demikian, pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia tetap terjaga. Termasuk menekan produk-produk impor masuk ke Indonesia, dengan mengutamakan produksi dalam negeri. "Jadi kami berharap agar mahasiswa dapat meningkatkan mutu dan kualitas sehingga ke depan dapat bersaing untuk menghadapi ekonomi global yang senantiasa mengalami perubahan," pintanya.

Pada acara kuliah umum tersebut, diberikan kesempatan kepada mahasiswa dan dosen untuk memberikan pertanyaan seputar ekonomi perdagangan global kepada Jerry.

Di akhir acara kuliah umum, Rektor UHN Pematangsiantar Prof Dr Sanggam Siahaan MHum didampingi Walikota Pematangsiantar diwakili Kadisperindag Pematangsiantar Jadikan Pasaribu, dan anggota DPRD Hj Rini Silalahi serta Hendra Pardede, dan jajaran dosen menyerahkan cenderamata dan ulos kepada Jerry. (Al,MP)

Post a Comment