Total Viewers

Home » » Semarakkan HUT DWP ke-20 , Lomba Berhias Tanpa Cermin dan Busana Digelar

Semarakkan HUT DWP ke-20 , Lomba Berhias Tanpa Cermin dan Busana Digelar

Written By Faktaonlline.net on Tuesday, December 10, 2019 | Tuesday, December 10, 2019


Pematangsiantar,Faktaonline.Net - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Pematangsiantar merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20. Acara digelar di aula Kantor DWP, Jalan Porsea Pematangsiantar, Selasa (10/12) pagi.
Sebagai rangkaian acara, dilaksanakan berbagai perlombaan, seperti berhias tanpa cermin dan berdandan sehari-hari.

Asisten I Pemko Pematangsiantar Leonardo Simanjuntak SH MHum saat menyampaikan sambutan tertulis Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM selaku Pembina DWP mengatakan, sebagai salah satu organisasi perempuan terbesar di Kota Pematangsiantar dan mitra strategis pemerintah, DWP diharapkan dapat semakin berperan aktif dan berkontribusi dalam pembangunan Kota Pematangsiantar. Juga mendukung pembangunan nasional, sesuai thema peringatan HUT ke-20 DWP tahun 2019, yakni Optimalisasi Kinerja DWP sebagai Mitra Strategis Pemerintah untuk Suksesnya Pembangunan Nasional. 

Disebutkan, perayaan HUT ke-20 ini memiliki makna DWP telah cukup lama berkiprah dan berkarya menjadi mitra pemerintah untuk turut serta membangun keluarga dan bangsa. "Saya mengucapkan terima kasih kepada ibu-ibu Aparatur Sipil Negara (ASN) atas dedikasi dan kontribusi nyata dalam mendukung program pemerintah, guna mensejahterakan masyarakat melalui berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan dengan tujuan dan target yang terukur,” terangnya. 

Momentum peringatan HUT DWP ini juga, lanjutnya, dimanfaatkan untuk introspeksi dan evaluasi diri, sejauh mana langkah yang sudah ditempuh dalam mewujudkan visi dan misi organisasi. Sebab usia 20 tahun merupakan usia yang cukup dewasa bagi DWP sebagai mitra pemerintah untuk menjadi organisasi yang profesional. 

Sebelumnya Ny Betty Togar Sitorus selaku Penasehat DWP Kota Pematangsiantar, dalam sambutannya mengatakan sudah 20 tahun organisasi kemasyarakatan ini turut berkiprah mengambil bagian dalam upaya membangun bangsa, khususnya kaum perempuan dan anak.
Peran utama perempuan sebagai ibu dan pendidik bagi keluarga dan lingkungan sekitar, katanya, mengandung makna mendalam untuk menjaga ketahanan keluarga. "Berbagai macam kegiatan dilakukan, baik untuk meningkatkan wawasan maupun kerja nyata yang dirasakan manfaatnya oleh anggota dan keluarga, serta masyarakat sekitarnya," tukasnya.

Dilanjutkannya, HUT ke-20 DWP tahun 2019, sesuai thema "Optimalisasi Strategis Kinerja DWP sebagai Mitra Pemerintah untuk Suksesnya Pembangunan Nasional" artinya DWP harus mendukung pemerintah dengan program kerja untuk menyertakan anggota, keluarga, dan masyarakat dengan program-program berkelanjutan yang memiliki dampak ganda bagi peningkatan kesejahteraan anggota, keluarga, dan masyarakat. Sekaligus meningkatkan peran serta perempuan dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial, budaya, dan politik. "Saya sebagai Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kota Pematangsiantar, menghimbau kepada ibu-ibu sebagai istri dari ASN agar mendukung kinerja suami dalam melaksanakan tugas dengan penuh kasih sayang. Karena tanpa dukungan istri, suami kurang semangat melaksanakan tugas. Seperti pepatah, ibarat rumah tanpa tiang. Oleh karena itu marilah kita ibu-ibu yang hadir pada hari ini mulai berkerja lebih semangat dalam menjalankan tugas di keluarga, masyarakat, dan negara kita, agar kualitas istri semakin tinggi di tengah-tengah keluarga dan negara," jelasnya. 

Sementara itu Ny Yustina Riski Budi Utari selaku Ketua DWP Pematangsiantar saat membacakan DWP sebagai organisasi istri ASN wajib bersyukur karena menjadi organisasi besar dan menjalankan organisasi dengan baik. Masih banyak tantangan yang harus dihadapi oleh DWP dalam menyukseskan pembangunan nasional.

Dikatakan juga, sebagai organisasi wanita di birokrasi pemerintah daerah, DWP memiliki fungsi strategis dalam pembangunan bangsa. DWP didirikan untuk berkarya mandiri dalam rangka mewujudkan keadilan dan kesejahteraan masyarakat. Disadari atau tidak, para anggota DWP adalah sebagai istri dan ibu dari ASN, yang di dalam keluarga memiliki peran untuk membentuk generasi penerus bangsa yang berkualitas dan mendukung semangat serta kinerja suami dalam mengemban tugas-tugasnya bagi negara dan bangsa.

Sebelumnya, Ny Tien Leonardo Simanjuntak dalam laporannya menerangkan, dalam rangka HUT ke-20 DWP, di Kota Pematangsiantar diselenggarakan kegiatan sederhana, hemat biaya, dan menyentuh langsung kebutuhan anggota. Sertaberbagai kegiatan seperti sosialisasi kesehatan bagi wanita dan lomba merias wajah tanpa cermin yang dilaksanakan, Senin (9/12) di aula Kantor DWP, Jalan Porsea.

Selanjutnya, lomba busana dandanan rumah sehari-hari yang dilaksanakan selasa (10/12), serta penyerahan bantuan anak asuh kepada empat orang ASN Golongan I di lingkungan Pemerintah Pematangsiantar. (Al,MP)

Post a Comment