Total Viewers

Home » » Tingkatkan Pelayanan , BPJS Kesehatan Akan Gilir Rumah Warga Dengan Tema Jemput Bola

Tingkatkan Pelayanan , BPJS Kesehatan Akan Gilir Rumah Warga Dengan Tema Jemput Bola

Written By Faktaonlline.net on Wednesday, December 18, 2019 | Wednesday, December 18, 2019


Lampung Utara, Faktaonline.Net - Demi meningkatkan pelayanan dan kepuasan peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan rutin melakukan kegiatan Mobile Customer Service (MCS) di berbagai tempat pelayanan umum seperti di kantor kelurahan atau kecamatan, pasar dan pusat keramaian lainnya.

Seperti pada siang hari kemarin, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kotabumi berkesempatan membuka kanal layanan MCS di Desa Sawojajar, Selain melayani seluruh administrasi kepesertaan BPJS Kesehatan mulai dari pendaftaran peserta baru, pencetakan kartu peserta, perubahan data kepesertaan seperti pindah fasilitas kesehatan, perubahan kelas perawatan dan penambahan anggota keluarga, terlebih dahulu petugas memberikan sosialisasi mengenai hak dan kewajiban peserta serta manfaat Program JKN kepada seluruh warga yang hadir.

Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu rumah warga ini berjalan dengan baik dan lancar. Tampak peserta kegiatan antusias melontarkan berbagai pertanyaan kepada petugas dalam sesi tanya jawab.
Topik penyesuaian iuran yang akan berlaku di tahun 2020 pun tidak luput dari perhatian warga, Darmi adalah salah satunya. “Saya sudah dengar tahun depan iuran JKN akan ada penyesuaian. Yang membuat saya penasaran bagaimana kalau ada masyarakat yang merasa tidak mampu membayar iuran yang baru ini sesuai kelas rawat yang sudah ia pilih dulu? Kan infonya dulu kita bisa pindah kelas rawat 1 tahun sekali, kalau belum 1 tahun namun di tengah jalan tidak mampu membayar bagaimana jadinya ya?” tanya Darmi kepada petugas.

Beberapa warga ikut mengangguk, membenarkan bahwa pertanyaan yang sama juga ada di benak mereka masing-masing. Dengan rinci petugas menjelaskan bahwa terhitung 9 Desember 2019 sampai dengan 30 April 2020 peserta mandiri yang ingin turun kelas rawatan bisa dilakukan tanpa perlu syarat sudah berada di kelas yang lama selama 1 tahun. Namun dalam periode tersebut hanya boleh 1 kali mengubah kelas perawatan.

Usai sosialisasi peserta dipersilahkan untuk mengurus administrasi kepesertaannya. Banyak diantara mereka yang pindah fasilitas kesehatan, mengubah data kepesertaan dan melakukan cetak kartu. “Saya sih senang sekali MCS hadir di sini. Selain mendapat informasi saya juga tadi bisa melakukan penggantian fasilitas kesehatan tanpa harus ke kantor BPJS Kesehatan. Lumayan kan jadi nggak ngeluarin ongkos,” ujar Isti kepada tim Jamkesnews.

Sama halnya dengan Isti, Lina juga merasa senang ikut kegiatan MCS dan berharap kanal layanan ini akan lebih sering datang ke desanya. Secara terjadwal BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kotabumi akan rutin melaksanakan kegiatan MCS di berbagai tempat terutama untuk menjangkau masyarakat di pedesaan. Dengan mengusung konsep layanan “jemput bola” diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat yang sulit mendapat layanan administrasi karena terkendala jarak rumah yang jauh dari kantor cabang. (Syah)

Post a Comment